Piala Asia 2023

Bersaing dengan Jepang, Irak, Vietnam, STY Jamin Timnas Indonesia Tak Fokus Bertahan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 14 Januari 2024
Bersaing dengan Jepang, Irak, Vietnam, STY Jamin Timnas Indonesia Tak Fokus Bertahan
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan kapten tim Asnawi Mangkualam Bahar memberikan keterangan jelang laga kontra Irak, Senin (15/1). (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sadar diri kalau tim asuhannya tidak diperhitungkan di Piala Asia 2023. Bahkan, Timnas Indonesia merupakan tim dengan peringkat FIFA paling rendah, yakni posisi 146 setelah Hong Kong (150) per 21 Desember 2023.

Kendati demikian, Shin Tae-yong menegaskan bahwa Timnas Indonesia tidak hanya akan fokus bertahan demi membendung kekuatan lawan, terutama tiga tim pesaing di Grup D, yakni Jepang, Irak dan Vietnam.

Shin Tae-yong mengatakan jika hanya fokus bertahan supaya tidak kalah atau tidak kebobolan banyak gol, maka tim tidak akan berkembang. Hal itu yang dipahami Shin Tae-yong terkait sepak bola modern.

"Meskipun ranking FIFA kami hampir jadi yang paling rendah dari 24 peserta di kompetisi ini, kalau kami cuma bermain di belakang dan fokus pada pertahanan, saya pikir sepak bola Indonesia tidak akan berkembang. Kami tidak akan bisa berkembang," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menjelaskan, ada beberapa karakteristik sebuah tim yang baik di sepak bola modern. Salah satunya terkait gaya bermain.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Percaya Diri, Tak Ada Jaminan Irak Kalahkan Timnas Indonesia

Pernah Kalah 1-5 dari Irak, Asnawi Pastikan Kekuatan Timnas Indonesia Saat Ini Berbeda

Saat ini, menurut penilaian Shin Tae-yong, banyak kesebelasan, baik klub maupun tim nasional yang fokus dengan cara melakukan serangan dari bawah. Strategi ini mengharuskan kiper dan para pemain belakang ikut terlibat aktif dalam permainan.

Karena itulah, Shin Tae-yong memilih pemain-pemain yang dianggap sesuai dengan filosofi tersebut. Dari 26 pemain yang didaftarkan, mayoritas diisi oleh yang punya karakter menyerang.

Sebut saja Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Pratama Arhan, Edo Febriansyah, Asnawi Mangkualam Bahar, Hokky Caraka, Adam Alis, Ramadhan Sananta, dan Dendy Sulistyawan.

"Kami ingin mengikuti kecenderungan sepak bola modern itu. Jadi kami mencoba mengikutinya, dengan bukan hanya berfokus pada pertahanan, melainkan juga fokus pada build-up dan lain-lain. Taktik kami ini berfokus pada upaya mengembangkan sepak bola Indonesia, bukan semata-mata tertuju pada hasil,' tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan bertemu Irak pada laga pertama Grup A, Senin (15/1). Kemudian di laga kedua, Asnawi Mangkualam Bahar dkk. bersua Vietnam (19/1). Terakhir, lawan yang dihadapi Skuad Garuda adalah Jepang pada 24 Januari.

Timnas Indonesia Timnas Irak Timnas Jepang Timnas vietnam Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.428

Bagikan