Berkat Marquez, Quartararo Sadar Motornya Belum Layak Bersaing

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 26 Agustus 2023
Berkat Marquez, Quartararo Sadar Motornya Belum Layak Bersaing
Fabio Quartararo (twitter/YamahaMotoGP)

BolaSkor.com – Fabio Quartararo mengaku mendapat pelajaran berharga usai melihat perjuangan Marc Marquez. Pembalap Monster Energy Yamaha itu kini semakin mengerti letak permasalahan yang sedang dihadapinya.

Sama halnya dengan Marquez, Quartararo harus menjalani musim 2023 dengan kekecewaan besar. Pembalap asal Perancis ini harus menelan pil pahit usai gagal membuktikan konsistensinya.

Bagaimana tidak, dari 10 balapan yang sudah dijalaninya, Quartararo hanya bisa mempersembahkan podium sebanyak satu kali saja. Sedangkan sisanya hanya diwarnai oleh hasil buruk.

Hal ini jelas memengaruhi kondisi psikis Quartararo. Pembalap berjuluk El Diablo itu mulai frustasi menghadapi kondisi sulit ini.

Namun usai melihat apa yang terjadi pada Marquez di MotoGP Jerman, Quartararo seakan menemukan pemahaman baru. Rekan satu tim Franco Morbidelli ini menyadari kesulitan yang dialaminya bukan berasal dari kemampuan pembalap, melainkan karena faktor motor.

“Bagi saya balapan yang mampu mempengaruhi saya adalah Sachsenring, khususnya saat sprint race. Saya ambil contoh Marquez karena bagi saya dia adalah referensi dalam dunia balap motor,” tutur Quartararo dilansir dari crash.net.

“Sepanjang mengikuti Sachsenring, dia berhasil memenangkan semua balapan. Tapi pada tahun ini di sprint, dia berada di urutan kesembilan dan kesepuluh”.

“Saya tidak berpikir dia lupa caranya berkendara selama satu tahun. Kamu bisa lihat beberapa kali bahwa motor memiliki peran lebih penting dibandingkan pembalapnya,” lanjutnya.

Berangkat dari hal ini, Quartararo akhirnya memberikan penilaian terhadap kuda besinya. El Diablo mengaku saat ini motor yang dikendarainya belum layak bersaing di papan atas.

“Motor yang kita punya sekarang bukan untuk meraih kemenangan, tetapi secara mental saya ingin menang. Pada akhirnya, ketika kamu siap 100 persen, kamu ingin memberikan sesuatu yang lebih,” ungkap Quartararo.

“Pada paruh pertama musim ini, saya seharusnya dapat mempelajari banyak hal dari apa yang bisa saya pelajari, dan itu tidak berarti apa-apa,” tutup pembalap berusia 24 tahun itu.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Fabio Quartararo
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan