Berebut Tiket ke Olimpiade 2020 dari Banyuwangi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 27 Oktober 2019
Berebut Tiket ke Olimpiade 2020 dari Banyuwangi
Aksi I Gusti Bagus Saputra ketika di Sirkuit Muncar, Banyuwangi, 2018 lalu. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)

BolaSkor.com – Pembalap sepeda BMX Indonesia akan mendapatkan ujian berat di Banyuwangi International BMX 2019. Sebab, event ini akan diikuti para pembalap dunia. Tujuan mereka sama, yakni memburu poin untuk lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo.

Tim BMX Indonesia akan diperkuat dengan tiga rider putra, yakni I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar dan Toni Syarifudin. Sedangkan tim putri diisi pembalap asal Blitar, Jawa Timur (Jatim), Wiji Lestari.

“Tak sekadar persiapan untuk SEA Games, ini juga menjadi ajang mengejar tiket ke Olimpiade 2020,” bilang kepala pelatih tim nasional balap sepeda, Dadang Haries Purnomo.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Banyuwangi International BMX 2019 melombakan kelas C1 race, dan Hors Class. Poin yang diperebutkan pun lebih banyak. Inilah yang memicu kehadiran pembalap level dunia ke Banyuwangi.

Baca Juga:

Lester Prosper Ingin Bawa Perubahan untuk Basket Indonesia

Hasil NBA: Clippers Lanjutkan Catatan Kemenangan, Terlalu Kuat untuk Warriors

“Poin di level Hors Class memang lebih besar. Ini kesempatan bagi mereka untuk berlomba-lomba mendulang poin sebelum bisa lolos ke Olimpiade 2020 nanti,” bilang Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Dari kelompok putra ada nama Renato Rezende (Brasil), dan Jimmi Therkelsen (Denmark). Rezende adalah juara dunia kategori Elite Men Cruiser pada 2010. Sedangkan Therkelsen adalah juara BMX Race 2019 di Ljubljana, Slovenia.

Sementara di kelompok putri ada nama Caroline Buchanan. Rider asal Australian ini merupakan pemegang tiga gelar juara dunia BMX pada 2012, 2013, dan 2016. Selain itu juga ada Sarah Walker asal Selandia Baru, dan Amanda Carr (Thaland).

Walker merupakan penyandang tiga gelar juara dunia BMX. Selain itu, rider berusia 31 tahun tersebut pernah meraih medali medali perak di Olimpiade 2012. Sedagkan Carr adalah perebut medali emas di Asian Games 2014.

“Bisa dibayangkan bagaimana serunya saat para jawara dunia ini bertemu dalam satu arena,” tutur Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, Wawan Yadmadi. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)

BMX Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.023

Bagikan