Berangsur Membaik, Pemulihan Mata Korban Tragedi Kanjuruhan Butuh 4 Minggu

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 26 Oktober 2022
Berangsur Membaik, Pemulihan Mata Korban Tragedi Kanjuruhan Butuh 4 Minggu
Luka korban selamat Tragedi Kanjuruhan yang disebabkan gas air mata. (Dokumen TGIPF)

BolaSkor.com - Korban yang mengalami luka-luka dalam Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10) lalu, memang belum sepenuhnya pulih. Mayoritas dari mereka bahkan masih dalam kondisi mata yang merah pada kedua sisi retina.

Dalam kasus ini, pihak medis turut membeberkan analisisnya. Yang pasti, retina mata menjadi merah dari yang seharusnya berwarna putih, tak lepas dari kandungan gas air mata ketika insiden itu terjadi.

"Warna merah itu temporer (sementara). Karena warna merah itu disebabkan iritasi dari bahan gas air mata. Itu yang bersifat kimiawi basa," jelas Wakil Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, dr. Syaifullah Asmiragani.

"Jadi, trauma di mata itu ada dua, basa dan asam. Kalau yang basa, tidak perlu penanganan khusus. Cukup mencuci dan penanganan obat anti radang sudah selesai," imbuhnya.

Baca Juga:

Javier Roca kepada Pemain Arema FC: Kita Harus Berjalan Pelan-pelan

Arema FC Buka Crisis Center Tahap Kedua Tragedi Kanjuruhan

Oleh karena itu, RSSA pun memberi konfirmasi bahwa pemulihan pada cedera di mata yang dialami para korban Tragedi Kanjuruhan, hanya perlu membutuhkan waktu. Hal itu juga seiring berkurangnya warna merah pada mata korban ketika melakukan pemeriksaan di RSSA.

"Mereka yang kontrol ke sini, sudah banyak yang membaik. Kami sudah melihat banyak sekali pengurangan merahnya dan tidak satu pun dari mereka yang mengalami gangguan penglihatan," tutur Syaifullah Asmiragani.

Situasi ini pun membuat pihaknya bisa memberi estimasi waktu bagi para korban yang terdampak Tragedi Kanjuruhan, bisa pulih atas cedera pada kedua matanya.

"Ini sebagai iritasi pada mata yang bersifat ringan dan sedang. Menurut (dokter) spesialis mata kami tiga sampai empat minggu bisa kembali normal," pungkasnya. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.108

Bagikan