Berada di Papan Bawah, Jacksen F Tiago Yakin Persipura Bangkit

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 01 November 2021
Berada di Papan Bawah, Jacksen F Tiago Yakin Persipura Bangkit
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago tak menampik merasakan kekecewaan dengan kekalahan yang dialami timnya saat berhadapan dengan Persib Bandung. Mutiara Hitam kalah dengan skor 3-0 dalam lanjutan Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/10).

Terlebih, kekalahan itu membuat Persipura Jayapura semakin terpuruk di posisi kedua papan bawah klasemen sementara dengan perolehan lima poin dari 10 pertandingan yang telah dilakoni.

"Jelas, dalam aspek hasil akhir, kita pasti sangat kecewa karena kita mau dapat hasil akhir dan ini bisa jadi momentum kita bisa meraih kemenangan. Tapi, dari aspek pemain yang kita punya dan performance kita di babak kedua, karena pada akhirnya kita bisa turunkan empat pemain asing kita walaupun tidak bersamaan dalam waktu yang lama," ungkap Jacksen F Tiago.

Menurutnya, timnya sudah memiliki prospek dan agresivitas. Dia berharap ke depan, keinginan untuk menang bisa dirasakan para pemainnya.

"Di masa transisi yang kita sedang jalankan ini, kita ada beberapa figur yang bisa nilai plus hari ini. Kehadiran Nelson Alom di antara kita, saat ini kita tinggal mengumpulkan dan menyatukan semua pemain dalam momen yang pas supaya kita bisa kembali ke jalur kemenangan," katanya.

Terkait mengenai penampilan Hedipo Gustafo dan Yevhen Bokhashvili, pelatih asal Brasil ini memastikan kedua pemain asingnya itu belum prima. Alhasil, keduanya tidak bisa diturunkan sejak menit pertama.

"Meskipun mereka tidak mampu mengubah keadaan, tapi mereka mampu mengubah timnya untuk bisa pegang bola lebih lama, mulai mengancam gawang lawan, pemain lain percaya diri," ujarnya.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Gol Lilipaly Dianulir, Bali United Gagal Bungkam PSIS

Hasil Liga 1: Wander Luiz Moncer, Persib Bantai Persipura

"Dari aspek hasil pertandingan mungkin mereka kurang bagus, tapi dari aspek permainan mereka berdampak besar pada tim dan pemain lain, itu sangat jelas. Itu di mata saya sebagai pelatih, ada sebuah harapan besar dengan hadirnya mereka berdua dan tinggal kita dalam kondisi fisik dan tampil full, selama 10 pertandingan kita belum tampil full," tutur pelatih asal Brasil tersebut.

Jacksen memastikan seri kedua Liga 1 2021/2022 ini adalah tantangan berat bagi timnya. Sebab, Persipura tidak bisa bermain dengan full pemain dalam setiap pertandingan yang dihadapi.

"Seri kedua kita disibukkan dengan absennya pemain, sehingga kita harus berpikir masa recovery, komposisi pemain, itu paling tidak bisa stabil. Saya rasa itu jadi faktor yang paling penting," tuturnya.

"Tinggal malam ini kita komunikasi dengan tim medis, mana pemain yang bisa diturunkan lawan Bali United dan baru dari situ kita susun segala macem. Lawan Bali kita akan lebih kuat karena kita punya waktu lebih banyak, walaupun tanpa Donny dan Motta dengan materi pemain yang mungkin lebih berbobot lagi," katanya.

Jacksen yakin Persipura akan segera bangkit dari keterpurukan hingga bisa ke luar dari zona degradasi yang saat ini ditempati. Terlebih, jarak poin antar tim di papan klasemen sementara, tidak terlalu jauh.

"Katakanlah kita lawan Bali dan di seri ketiga ini kita menang dua kali kita bisa naik ke papan tengah, karena sekarang selisih antara semua tim itu sama. Kondisi kita sangat buruk, tapi dua tiga kemenangan kita bisa ke papan tengah," ujarnya.

"Kita bisa mencontoh dari Persib, Arema dan Persikabo, itu bisa saja terjadi di kita. Tinggal kita menemukan itu, dan kita punya jeda cukup panjang untuk persiapan lebih baik dan kita akan mencapai itu dengan komposisi yang kita punya," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Jacksen f tiago Persipura jayapura Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.125

Bagikan