Bepe: Ismed Sofyan Pemain yang Paling Mencintai Persija Jakarta

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 05 Februari 2024
Bepe: Ismed Sofyan Pemain yang Paling Mencintai Persija Jakarta
Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan. (Media Persija)

BolaSkor.com - Ismed Sofyan resmi mengumumkan gantung sepatu dari lapangan hijau. Pemain yang akrab disapa Bang Haji ini mengumumkan dirinya pensiun lewat unggahan di akun Instagram pribadinya, @ismedsofyan14, Senin (5/2).

Ismed mengakhiri kariernya di klub Liga 2, FC Bekasi City. Laga antara FC Bekasi City kontra Persela Lamongan di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Minggu (3/2), menandai berakhirnya perjalanan karier Ismed sebagai pesepak bola profesional.

Di pertandingan itu, Ismed turun dari bangku cadangan. Pemain 45 tahun itu dimainkan pada menit 67 menggantikan Hambali Tolib. Total, Ismed tampil dalam 13 pertandingan Liga 2 bersama FC Bekasi City.

Namun, Ismed dikenal sebagai salah satu legenda Persija Jakarta. Pemain berumur 44 tahun itu memperkuat Macan Kemayoran selama 20 tahun sampai tahun 2022.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 14 itu pun menorehkan sejumlah prestasi, di antaranya juara Piala Emas Bang Yos (2003), Piala Presiden (2018), dan Liga 1 (2018).

Baca Juga:

Ismed Sofyan Gantung Sepatu

Syahrian Abimanyu Tidak Mau Persija Pulang dari Balikpapan dengan Tangan Kosong

Salah satu legenda Persija lainnya dan sekaligus teman baik Ismed, Bambang Pamungkas, mengangkat topi untuk kompatriotnya tersebut.

"Menurut saya, Ismed adalah pemain Persija yang paling mencintai Persija. Kita bisa lihat dari bagaimana dia tampil di lapangan saat berseragam Persija. Selalu all out, pantang menyerah, tidak mau kalah, bahkan tidak jarang hingga tersulut emosinya,” kata Bambang Pamungkas, saat perpisahan Ismed Sofyan dengan Persija, 18 September 2022.

Di level Timnas, Ismed pertama kali dipanggil saat memperkuat timnas pelajar dalam sebuah turnamen di India tahun 1997. Tiga tahun berselarang, Ismed promosi ke Timnas U-19 sampai Pra-Olimpiade 2000.

Tampil bagus di level junior membuat Ismed mencatatkan debut untuk Timnas Senior di usia yang masih sangat muda, yakni 21 tahun. Debutnya terjadi pada 13 Oktober 2000, tepatnya saat Timnas Indonesia menghadapi Kuwait di partai pertama Grup B Piala Asia 2000.

Ismed juga masuk di skuad Piala Asia 2004 dan 2007. Total, pemain yang identik dengan nomor punggung 14 itu menorehkan 53 caps dengan sumbangan tiga gol untuk Timnas Indonesia.

Ismed sofyan Persija jakarta Liga 1 Liga 2 FC Bekasi City Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.192

Bagikan