Belum Pikirkan Lawan di 16 Besar Asian Games 2022, Indra Sjafri: Lolos Dulu

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 21 September 2023
Belum Pikirkan Lawan di 16 Besar Asian Games 2022, Indra Sjafri: Lolos Dulu
Indra Sjafri saat memberikan keterangan pers. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri belum memikirkan calon lawan andai tim asuhannya melaju ke babak 16 besar Asian Games 2022 Hangzhou. Juru taktik asal Sumatera Barat itu akan fokus dulu supaya Garuda Muda lolos dari fase grup.

Timnas Indonesia U-24 saat ini memuncaki klasemen Grup F berkat kemenangan 2-0 atas Kirgiztan di laga perdana. Jika bisa mengalahkan Taiwan pada Kamis (21/9) sore di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, China, maka kans Tim Merah-Putih lolos ke 16 besar menjadi sangat terbuka.

Timnas Indonesia U-24 bisa langsung dipastikan lolos seandainya di laga lainnya Korea Utara berhasil mengalahkan Kirgiztan atau minimal partai itu berakhir imbang.

"Mengenai siapa lawan nanti di 16 besar, kami tidak terlalu memikirkan siapa pun yang ada nanti. Yang penting kami berpikir dulu bagaimana kami bisa lolos ke 16 besar," kata Indra Sjafri.

"Karena menurut kami, pertandingan di Asian Games ini di samping kami butuh prestasi atau peringkat, tentu melawan tim-tim yang bagus itu akan memberikan dampak terhadap kualitas individu para pemain dan kualitas tim," tambahnya.

Baca Juga:

Gilas Kirgiztan, Erick Thohir Minta Timnas U-24 Jaga Momentum Rebut Tiket 16 Besar

Hugo Samir Cetak Gol di Asian Games 2022, Indra Sjafri Sebut Buah Kebijakan PSSI

Dibanding bicara soal peluang Timnas Indonesia U-24 ke babak 16 besar, Indra Sjafri hanya berharap ajang Asian Games edisi ke-19 ini bisa jadi momen para pemain untuk naik level.

Sebab, pemain yang ada di tim saat ini dinilai Indra Sjafri masih punya masa depan yang cukup baik. Bahkan, lewat Asian Games ini, pemain yang namanya sempat meredup seperti Ramai Rumakiek karena cedera bisa kembali menemukan sentuhannya lagi. Saat menghadapi Kirgiztan, pemain asal Persipura Jayapura mencetak gol pembuka untuk kemenangan 2-0 Garuda Muda.

"Kami berharap sebagai pelatih, dari pemain-pemain yang ada 20 orang ini, ada yang punya masa lalu yang sangat baik dan kami ingin mengembalikan top performa mereka untuk menjadi pemain yang lebih baik lagi dan mengembalikan nama besar mereka," tutur Indra Sjafri.

Jika Timnas Indonesia U-24 lolos sebagai juara grup F maka lawan di babak 16 besar adalah runner-up Grup E yang dihuni oleh Korea Selatan, Thailand, Bahrain dan Kuwait. Namun, kalau finis di posisi kedua, maka lawan Timnas Indonesia U-24 adalah juara grup E.

Indonesia juga bisa lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat 3 terbaik. Jika melalui jalur itu, maka lawan di babak 16 besar adalah Juara Grup C, yakni Uzbekistan atau Hongkong. Menariknya, di grup tersebut, dua tim memutuskan untuk mundur, yaitu Suriah dan Afghanistan. Sehingga penentuan juara dan runner-up Grup C ditentukan dalam dua pertemuan antara Uzbekistan dan Hongkong (tiebreaker).

Timnas indonesia u-23 Indra sjafri Asian games Asian Games 2022 Hangzhou Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.413

Bagikan