Belum Cetak Banyak Gol, Wout Weghorst Punya Cara Lain Bantu Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 02 Maret 2023
Belum Cetak Banyak Gol, Wout Weghorst Punya Cara Lain Bantu Manchester United
Wout Weghorst (Twitter)

BolaSkor.com - Pada Januari 2023 Manchester United merekrut Wout Weghorst dari Burnley, bukan dengan status permanen melainkan pinjaman. Kedatangannya menggantikan secara kuantitas slot yang ditinggal Cristiano Ronaldo setelah kontraknya diputus.

13 laga sudah dimainkan Weghorst di seluruh kompetisi dan ia baru membukukan satu gol serta tiga assists. Catatan golnya itu relatif minim untuk ukuran penyerang, tetapi Weghorst tetap memiliki kontribusi besar untuk Man United.

Striker berusia 30 tahun memang diharapkan dapat mencetak gol karena itu tugasnya sebagai penyerang, tetapi di mata Erik ten Hag kontribusi mantan pemain AZ Alkmaar dan Wolfsburg itu tidak hanya soal urusan mencetak gol.

Pertama, Weghorst bermain baik membuka pertahanan lawan saat ia turun sebagai penyerang kedua atau gelandang serang di belakang penyerang (terbukti dengan tiga assists). Kedua, etos kerjanya menjadi kontribusi untuk tim.

Baca Juga:

Peran Ten Hag di Jeda Paruh Pertama Saat Man United Comeback Lawan West Ham

Undian Perempat Final Piala FA: Duo Manchester Terhindar dari Pertemuan Dini

Hasil Pertandingan: Manchester United Comeback, Arsenal dan Liverpool Amankan Tiga Poin

Seperti saat Man United menang 3-1 atas West Ham United di Piala FA, Kamis (02/03) dini hari WIB. Man United sempat tertinggal dari gol Said Benrahma, tetapi mampu berbalik menang dari gol bunuh diri Nayef Aguerd, Alejandro Garnacho, dan Fred.

Gol yang diciptakan Fred tidak akan ada apabila Weghorst tidak berlari menekan lawan yang menguasai bola. Selain dari sisi pressing (menekan), Weghorst juga pekerja keras yang membantu tim dalam fase bertahan. Bahkan gol bunuh diri Aguerd tercipta karena tekanan Weghorst dan Harry Maguire kepadanya.

"Dia (Weghorst) adalah salah satu pemain terbaik di lapangan. Dia terlibat. Dia berada di depan ketika dia berdiri di sana bersama Harry untuk memaksakan gol bunuh diri dari lawan," papar Ten Hag soal Weghorst.

"Gol dari Garnacho dia menekan dan dia pasti (menekan) di gol ketiga ketika dia melakukan tekanan yang baik dan memaksa lawan untuk melakukan kesalahan sehingga Fred bisa mencetak gol. Dia mengerti posisi. Di tengah atau tidak penguasaan bola dia melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk tim."

Ten Hag pun tidak khawatir apabila Weghorst tidak mencetak banyak gol saat ini. Menurutnya itu hanya masalah waktu sebelum terjadi.

"Itu (gol Weghorst) akan datang. Saya telah mengalaminya dengan begitu banyak pemain. Saya mengacu kepada (Marcus) Rashford di awal musim, dia tidak mencetak gol di setiap pertandingan tetapi saya tahu dari pengalaman saya itu akan datang setelah dia lebih tenang," yakin Ten Hag.

"Dia sekarang banyak bermain dengan kami tetapi tidak dalam waktu yang lama. Tetapi rutinitas akan ada di sana dan ketika dia mencetak gol pertama, lebih banyak lagi yang akan datang."

Ketika melawan West Ham, Weghorst punya statistik 88 persen akurasi operan bola, 34 sentuhan bola, 5 operan kunci, 2 kali memenangi perebutan bola bawah, 2 kali menendang bola, 1 kali sukses mendribel bola melewati lawan, dan 1 assist.

Wout Weghorst Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.221

Bagikan