Belum Berkontribusi di Persebaya, Arsenio Valpoort Dibela Aji Santoso dan Samsul Arif

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 22 Januari 2022
Belum Berkontribusi di Persebaya, Arsenio Valpoort Dibela Aji Santoso dan Samsul Arif
Arsenio Valpoort. (Instagram Persebaya)

BolaSkor.com - Arsenio Jermaine Cedric Valpoort telah tiga kali tampil bersama Persebaya Surabaya di lanjutan Liga 1 2021/2022. Total pemain asal Belanda tersebut turun selama 86 menit sebagai pengganti. Namun, pendukung Persebaya masih meragukan kualitas pemain yang berposisi asli sayap kiri tersebut.

Arsenio Valpoort pertama kali menjalani debut ketika Persebaya menang 3-2 dari TIRA-Persikabo (10/1) lalu. Ketika itu, mantan pemain RKC Waalwijk itu tampil selama 24 menit menggantikan Samsul Arif yang sukses mencetak hat-trick. Setelah itu, di dua laga terakhir Persebaya, Valpoort tetap bermain sebagai pengganti.

Meski dia selalu berhasil menciptakan beberapa peluang walaupun tidak menjadi gol. Hanya saja, performanya dianggap Bonek masih jauh dari harapan. Kendati demikian, pelatih Persebaya Aji Santoso menilai bahwa Valpoort tampil tidak terlalu buruk.

Baca Juga:

Lima Pemain Arema FC Positif COVID-19, Skuat Persib Dapat Peringatan

LIB Manfaatkan Jeda Kompetisi untuk Finalisasi Kesiapan Liga 1 dengan Penonton

"Ya, tidak ada masalah (tekanan publik). Artinya, begini, pemain ini kan tidak pernah latihan (lama) bersama tim (Persebaya)," tegas pelatih 51 tahun itu.

"Kasihan lah, (saya minta) bersabar sedikit. Artinya pemain ini belum latihan dan main selama 90 menit. Hanya official training, tapi sesi ini kan bukan latihan taktik. Dia juga pemain baru," tambahnya usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya (21/1) sore.

Jika dibandingkan dengan penyerang Persebaya sebelumnya, Jose Wilkson Teixeira Rocha, yang langsung mencetak dua gol dalam debutnya. Brace pemain asal Brasil itu membawa Persebaya menang 3-1 atas TIRA-Persikabo pada putaran pertama lalu. Total enam gol dari 13 laga dipersembahkan Jose Wilkson yang kini dipinjam Persela Lamongan.

"Arsenio belum pernah main dari awal, kami masih melihat ke depannya seperti apa. Dia saya tuntut menyesuaikan dengan kondisi tim," ungkap Aji.

Sementara itu, striker gaek Persebaya Samsul Arif mengaku tidak banyak memberikan masukan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari kepada Valpoort. Pemain kelahiran Bojonegoro tersebut menilai Valpoort sebagai sosok profesional dan memiliki banyak pengalaman bermain di kompetisi Belanda dan Korea Selatan.

"Saya pikir dia punya kualitas dan kapabilitas untuk bermain di Persebaya. Dia hanya butuh waktu (adaptasi) saja, karena kita sebagai pemain yang berada di lingkungan baru pasti butuh adaptasi. Butuh mengenal satu sama lain, dan kita sebagai teman satu tim berusaha mendukung dia dan menciptakan situasi serta lingkungan tim yang bagus," tutur Samsul pada kesempatan terpisah. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Arsenio Valpoort Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan