Belgia Perpanjang Kontrak Tuan Rumah F1 hingga 2025

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 16 Oktober 2023
Belgia Perpanjang Kontrak Tuan Rumah F1 hingga 2025

BolaSkor.com – Belgia memastikan diri untuk tetap bertahan menjadi tuan rumah Formula 1. Negara yang terletak di Eropa Barat ini dikabarkan telah menjalin kesepakatan untuk memperpanjang kontrak hingga musim 2025.

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden sekaligus CEO Formula 1, Stefano Domenicalli. Pria asal Italia Ini memastikan, Belgia telah memperpanjang kontrak selama satu tahun.

“Spa identik dengan Formula 1 dan telah menjadi sirkuit di musim pertama kami. Sirkuit ini dicintai oleh banyak fans dan pembalap Formula 1. Saya senang dapat memperpanjang hubungan kamu hingga musim 2025,” tutur Domenicalli melalui keterangan resminya, dikutip dari formula1.com.

“Promotor telah mengambil langkah besar di beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan pengalaman dan infrastruktur. Saat ini semua pemangku kepentingan sedang bekerja untuk menghadirkan balapan yang menarik dan aman. Saya ingin berterima kasih kepada pemerintah negara bagian Wallonia dan promotor atas dukungannya,” tambahnya.

Kabar ini turut dibenarkan langsung oleh Willy Borsus. Pria yang menjabat sebagai Wakil Presiden sekaligus Menteri Ekonomi Wallonia mengumumkan perpanjangan kontrak Sirkuit Spa.

“Kita sangat tertarik dan bangga mengumumkan Formula 1 akan berlangsung di Wallonia hingga 2025. Wilayah kami sekali lagi akan naik ke kancah internasional. Hal ini berkat adanya event berkualitas tinggi dan infrastruktur olahraga legendaris,” ungkap Willy.

Terkait hal ini, Willy menjelaskan alasan di balik keputusan perpanjangan kontrak ini. Pria berumur 61 tahun ini mengaku keputusan itu dibuat karena Formula 1 berhasil mendatangkan keuntungan besar.

“Selain prestise, saya juga ingin menekankan dampak ekonomi besar yang ditimbulkan event Formula 1 terhadap Wallonia dan Belgia. Menurut penelitian di tahun 2021, Formula 1 berhasil meraup keuntungan sebesar 41,8 juta Euro, itu pun sudah dikurangi pendanaan publik,” jelas Willy.

“Angka-angka ini merupakan indikasi kuat mengenai dampak keuangan dan prospek positif. Artinya kita dapat mengharapkan hasil lebih baik di tahun ini,” tutupnya.

Penulis: Bintang Rahmat

F1 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.179

Bagikan