Bek Persebaya Bicara Hasrat Menjadi Pelatih

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 07 Februari 2021
Bek Persebaya Bicara Hasrat Menjadi Pelatih
Mokhamad Syaifuddin menjadi pelatih SSB Aston Villa di Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Bek Persebaya Surabaya, Mokhamad Syaifuddin telah menyelesaikan kursus kepelatihan lisensi C PSSI Diploma pada 18-31 Januari lalu di Malang. Dia juga telah mempraktikkan ilmu yang diperolehnya dengan menjadi pelatih di SSB yang ada di Surabaya.

Selama dua pekan mengikuti kursus kepelatihan, Syaifuddin mendapat begitu banyak pengalaman. Apalagi saat itu yang menjadi instruktur adalah pelatih senior Bambang Nurdiansyah yang didampingi Joko ‘Gethuk’ Susilo, mantan juru racik Arema FC dan Persik Kediri.

Selepas itu, Syaifuddin menerapkan ilmu yang diperolehnya ke SSB Aston Villa. Sebuah SSB baru berdiri yang berada di dekat tempat tinggalnya. Dia sendiri telah menjadi pelatih di SSB tersebut sejak empat bulan lalu.

Baca Juga:

Aji Santoso Pengaruhi Keinginan Mustaqim Bertahan di Persebaya

Terlalu Lama Tak Latihan, Bali United Mulai Program dari Nol

Menurut Syaifuddin, menjadi pelatih tidak semudah yang dibayangkannya. Kendati demikian, dia tidak akan menyerah untuk menjadi pelatih profesional pada akhirnya nanti. Itu pula yang menjadi alasannya untuk mengikuti kursus kepelatihan lebih dini.

“Menjadi seorang pelatih itu sulit dan harus banyak belajar. Kalau bisa melanjutkan karier sebagai pelatih hebat, makanya mengambil kursus kepelatihan sejak masih muda. Agar ketika nanti sudah pensiun bisa langsung melatih,” jelas pemain yang akrab disapa Uru ini.

Meski begitu, pemain jebolan kompetisi internal Persebaya ini ingin fokus dulu sebagai pemain profesional bersama Bajol Ijo. Namun, jika ada kesempatan lagi, dia tidak akan ragu untuk meningkatkan ilmu kepelatihannya.

“Ya, melihat situasi dan kondisi juga,” pungkas pemain yang sempat mengenyam program SAD Indonesia di Uruguay itu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

M Syaifuddin Persebaya surabaya
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan