Piala Asia 2023

Beberkan Keunggulan Jepang, Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Akan Semakin Berkembang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 25 Januari 2024
Beberkan Keunggulan Jepang, Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Akan Semakin Berkembang
Momen pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner, berhadapan dengan bintang timnas Jepang, Takefusa Kubo. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui adanya perbedaan level kualitas permainan antara tim asuhannya dan Jepang. Indonesia kalah 1-3 dari Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1).

Menurut Shin Tae-yong, dari pertandingan itu bisa terlihat bagaimana kualitas pemain Jepang saat melakukan pressing. Para pemain Indonesia, kata Shin Tae-yong, sampai tidak bisa mengembangkan permainan.

Seringkali serangan yang dibangun oleh para pemain Timnas Indonesia terhenti di lini tengah. Ivar Jenner dkk. kesulitan masuk area pertahanan Jepang.

"Dari lini serang Jepang punya banyak pemain bagus, tapi ini bukan soal lini serang saja, mereka bisa melakukan high pressing dengan sangat baik. Meski kami melakukan penjagaan yang ketat, kami selalu kehilangan bola lagi karena pressing Jepang sangat kuat," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Dikalahkan Jepang, Nasib Timnas Indonesia Bergantung Bahrain dan Oman

Dikalahkan Irak, Vietnam Pulang dengan Tangan Hampa

Selain itu, kata Shin Tae-yong, salah satu faktor di balik kemenangan Jepang atas Timnas Indonesia adalah kemampuan Takefusa Kubo dan kawan-kawan dalam melakukan serangan balik yang efektif,

"Itu membuat kami tidak bisa build up dengan baik, kami kesulitan membuat koneksi dari satu pemain ke pemain lain," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Namun, terlepas dari hasil akhir serta Jepang yang sangat mendominasi pertandingan, Shin Tae-yong tetap bangga dengan apa yang ditampilkan para pemainnya.

Berdasarkan statistik, Jepang unggul 72 persen dalam penguasaan bola dibanding Indonesia (28). Total tendangan Jepang pun mencapai 12 percobaan berbanding tiga milik Indonesia.

"Tapi kami punya banyak pemain muda, biarlah ini menjadi pengalaman bagi mereka, terutama ketika kami mendapatkan penguasaan bola, kami kesulitan mengembangkan permainan, itu yang perlu kami perbaiki dan kembangkan."

"Dan saya ingin menyampaikan bahwa tim saya adalah tim yang termuda dengan mendapatkan pengalaman bermain melawan tim terbaik di Asia akan membantu kami terus berkembang," ujar Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Timnas Jepang Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.496

Bagikan