LaLiga

Barcelona 2-4 Girona: Derby Catalunya Milik Blanquivermells

Arief HadiArief Hadi - Senin, 11 Desember 2023
Barcelona 2-4 Girona: Derby Catalunya Milik Blanquivermells
Barcelona 2-4 Girona (Twitter)

BolaSkor.com - Derby Catalunya di Estadi Olimpic Lluis Companys, markas sementara FC Barcelona, berakhir untuk kekalahan tuan rumah. Blaugrana takluk 2-4 melawan Girona, Senin (11/12) dini hari WIB, dan Blanquivermells - julukan Girona - naik ke puncak klasemen.

Girona arahan Michel menempati urutan satu dengan 41 poin dari 16 laga, diikuti oleh Real Madrid (39 poin), Atletico Madrid (34 poin, baru bermain 15 kali), dan Barcelona yang notabene juara bertahan liga (34 poin).

Derby Catalunya di pekan 16 LaLiga ini dinanti karena performa bagus Girona. Benar saja, laga berjalan 12 menit dan striker Girona, Artem Dovbyk, sudah mencetak gol.

Diawali dari umpan lambung jauh ke depan dari Yan Couto, bola diterima Viktor Tsygankov yang melewati pertahanan Barcelona dan mengirim assist yang dikonversi jadi gol oleh Dovbyk. 1-0 Girona unggul.

Baca Juga:

Trisula Lini Depan Terbaik Premier League Saat Ini

Marc-Andre Ter Stegen Akan Absen Panjang, Barcelona Sudah Punya Penggantinya

Barcelona Percaya Diri Permanenkan Joao Felix dan Joao Cancelo

Penyerang Barcelona, Robert Lewandowski, membalasnya di menit 19 kala menyambut umpan sepak pojok yang diberikan Raphinha. Kedudukan sama kuat 1-1 namun Girona terbukti merepotkan pertahanan tuan rumah, khususnya dari serangan balik.

Jelang turun minum, tepatnya di menit 40, Girona bahkan kembali unggul. Kali ini gol diciptakan Miguel Gutierrez, yang menerima operan dari Ivan Martin, lalu melewati Jules Kounde dan menjebol gawang Barcelona yang dijaga Inaki Pena. 2-1 Girona unggul hingga turun minum.

Di babak kedua Barcelona kian intens melancarkan serangan, terutamanya mereka unggul penguasaan bola. Xavi juga memasukkan tiga pemain langsung di menit 65 yaitu Ferran Torres, Lamine Yamal, dan Alejandro Balde.

Kendati demikian, Girona tetap menjalankan rencana bermain mereka yang sejauh ini sukses dan membuat Barcelona frustrasi. Keasyikan menyerang, Barcelona justru kembali kebobolan gol di menit 80.

Dari permainan sederhana tendangan gawang dari Paulo Gazzaniga, bola diterima Cristhian Stuani yang memenangi perebutan bola dengan Ronald Araujo, bola diterima Valery dan kemudian ia melewati Jules Kounde sebelum mencetak gol. 3-1 Girona menjauh dari kombinasi dua pemain yang baru masuk dari bangku cadangan.

Barcelona sempat memunculkan asa comeback dengan gol Ilkay Gundogan di menit 90+2. Ia menerima bola dari Torres, berputar membelakangi bek Girona dan mencetak gol.

Tapi asa tersebut langsung kembali dihancurkan Girona dengan gol pembunuh laga di menit 90+5. Dari tendangan bebas di lini tengah, bola diterima Savio yang melewati pertahanan Barcelona, kemudian ia mengirim assist yang berbuah gol dari Stuani.

Pertahanan Barcelona sangat rapuh di pertandingan ini dan serangan yang mereka bangun tidak efisien. Girona memanfaatkannya dengan baik, memenangi laga dengan skor 4-2 dan naik ke urutan satu LaLiga.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Inaki Pena; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen (Alejandro Balde 65'), Joao Cancelo; Frenkie de Jong, Ilkay Gundogan, Pedri (Fermin Lopez 80'); Raphinha (Ferran Torres 65'), Robert Lewandowski, Joao Felix (Lamine Yamal 65').

Pemain Cadangan: Alejandro Balde, Diego Kochen, Ander Astralaga, Fermin Lopez, Oriol Romeu, Lamine Yamal, Sergi Roberto, PauCubarsi, Ferran Torres.

Pelatih: Xavi Hernandez

Girona (3-4-2-1): Paulo Gazzaniga; Eric Garcia, David Lopez, Daley Blind; Yan Couto (Valery Fernandez 78'), Ivan Martin (Jhon Solis 87'), Aleix Garcia, Miguel Gutierrez; Viktor Tsygankov (Portu 78'), Savio; Artem Dovbyk (Cristhian Stuani 73').

Pemain Cadangan: Toni Fuidias, Juanpe, Portu, Valery Fernandez, Ibrahima Kebe, Cristhian Stuani, Bernardo Espinosa, Jhon Solis, Juan Carlos, Arnau Martinez.

Pelatih: Michel

LaLiga Barcelona FC Barcelona Girona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan