Barcelona 1-1 Espanyol: Blaugrana Tutup 2022 sebagai Pemuncak Klasemen LaLiga

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 31 Desember 2022
Barcelona 1-1 Espanyol: Blaugrana Tutup 2022 sebagai Pemuncak Klasemen LaLiga
Barcelona 1-1 Espanyol (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona mengakhiri pekan 15 LaLiga 2022-2023 di Derby Catalunya melawan Espanyol di Camp Nou, Sabtu (31/12) malam WIB, dengan skor imbang 1-1. Kendati imbang Blaugrana menutup 2022 sebagai pemuncak klasemen.

Barcelona punya 38 poin dari 15 laga dan itu sama dengan Real Madrid yang hanya dipisahkan dari selisih gol. Derby Catalunya itu sendiri berlangsung dengan tensi tinggi dengan dua kartu merah keluar dari kantong wasit Mateu Lahoz.

Jalannya Pertandingan

Derby Catalunya menjadi hiburan di malam pergantian tahun antara Barcelona lawan Espanyol di Camp Nou. Barcelona turun dengan taktik 4-3-3 dengan mengandalkan Ansu Fati, Robert Lewandowski, Raphinha di depan, sementara Espanyol dengan formasi 5-3-2 dan mengandalkan eks pemain Barcelona, Martin Braithwaite di lini depan.

Baca Juga:

Sergio Busquets Pensiun dari Timnas Spanyol

Xavi Turun Tangan Bujuk Sergio Busquets Bertahan di Barcelona

Presiden Barcelona Turun Tangan Pertahankan Sergio Busquets

Tidak butuh waktu lama bagi Barcelona unggul. Tujuh menit laga berlangsung dan Marcos Alonso mencetak gol pertama untuk klub dan juga di LaLiga. Espanyol tak kuasa mengatasi situasi bola mati dengan baik hingga Andreas Christensen, tak terkawal, menanduk bola dan disambut Alonso serta berujung gol. 1-0 Barcelona unggul.

Alonso kembali menciptakan peluang kala di menit 18 menerima bola dari Jordi Alba dan ia melepaskan umpan silang. Alonson menyambutnya tapi bola melebar ke sisi gawang Espanyol. Barcelona terus mendominasi permainan.

Espanyol praktis tak banyak menciptakan peluang berbahaya di pertahanan Barcelona. Alhasil paruh pertama di Camp Nou berakhir untuk keunggulan 1-0 untuk Barcelona atas Espanyol.

Di babak kedua kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Xavi ingin Barcelona mencetak gol kedua dan memasukkan Ousmane Dembele dan Ferran Torres. Espanyol perlahan meningkatkan permainan mereka.

Momen menyamakan kedudukan pun datang di menit 71. Alonso yang jadi pahlawan Barcelona dengan golnya, menjadi 'musuh' kala ia menjatuhkan Joselu di kotak terlarang dan berbuah penalti. Joselu jadi eksekutor penalti dan mencetak gol penyama kedudukan. 1-1.

Pertandingan di Camp Nou kian memanas dengan dua kartu merah untuk masing-masing klub. Kartu merah pertama untuk Jordi Alba di menit 78 dan kartu merah kedua untuk Vinicius Souza di menit 80. Wasit laga ini adalah Mateu Lahoz.

Barcelona berupaya keras untuk kembali unggul tapi dewi fortuna menjauh dari mereka dan Espanyol bertahan mati-matian untuk mengamankan satu poin. Alhasil laga pun berakhir di Camp Nou dengan kedudukan sama kuat 1-1 di Derby Catalunya.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Jules Kounde 82'), Andreas Christensen, Marcos Alonso, Jordi Alba; Pedri, Frenkie de Jong (Alejandro Balde 82'), Gavi (Sergio Busquets 52'); Ansu Fati (Ferran Torres 62'), Robert Lewandowski, Raphinha (Ousmane Dembele 62').

Pemain Cadangan: Inaki Pena, Arnau Tenas, Hector Bellerin, Ronald Araujo, Sergio Busquets, Ousmane Dembele, Ferran Torres, Memphis Depay, Franck Kessie, Jules Kounde, Eric Garcia, Alejandro Balde.

Pelatih: Xavi Hernandez

Espanyol (5-3-2): Alvaro Fernandez; Leandro Cabrera, Sergi Gomez, Fernando Calero (Edu Exposito 57'), Brian Olivan (Aleix Vidal 90+2'), Oscar Gil (Ruben Sanchez 90'); Sergi Darder, Vinicius Souza, Nicolas Melamed (Javier Puado 57'); Joselu, Martin Braithwaite (Simo 86').

Pemain Cadangan: Joan Garcia, Benjamin Lecomte, Javier Puado, Jose Carlos Lazo, Edu Exposito, Aleix Vidal, Omar El Hilali, Ruben Sanchez, Simo, Daniel Villahermosa, Roger Martinez.

Pelatih: Diego Martinez

Barcelona FC Barcelona LaLiga Espanyol Catalunya
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan