Banyak Orang Brasil Kagum dengan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 19 November 2023
Banyak Orang Brasil Kagum dengan Piala Dunia U-17 di Indonesia
Legenda pemain asing di sepak bola Indonesia, Jacksen F Tiago. (LOC Piala Dunia U-17 2023)

BolaSkor.com - Indonesia mendapat sorotan dunia internasional, terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Mereka menyoroti hal positif tentang Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Sorotan tersebut berupa hal yang positif. Indonesia sebagai tuan rumah telah menyiapkan seluruh venue dengan baik. Begitupun, fasilitas stadion yang mumpuni telah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

“Saya bisa menjadi saksi akhirnya Indonesia mampu membawa Piala Dunia ke negara ini, meskipun U-17. Ini harus disyukuri. Kawan-kawan di Brasil hampir setiap hari kirim WA, kagum dengan stadion dan bangsa Indonesia bisa menggelar Piala Dunia dengan begitu luar biasa,” ucap legenda pemain asing di sepak bola Indonesia, Jacksen F Tiago.

“Kita harus memberi pujian kepada seluruh pelaku sepak yang terlibat mulai dari pemain, media, suporter, dan pemerintah Indonesia yang melakukan gerakan luar biasa. Dengan piala dunia ini, anak-anak usia 5, 6, 7 tahun saya yakin akan punya cita-cita mewakili bangsa Indonesia lewat sepak bola,” imbuh eks Persebaya Surabaya tersebut.

Baca Juga:

Timnas U-17 Gugur, Erick Thohir Beri Jawaban soal Masa Depan Bima Sakti

Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Jacksen sendiri datang dari Brasil ke Indonesia sebagai pemain hingga jadi pelatih. Dia termasuk sosok yang bergelimang prestasi. Pada 2013, dia berkesempatan melatih Timnas Indonesia meski berjalan singkat.

Pria berusia 54 tahun itu menegaskan Piala Dunia U-17 2023 ini menjadi momen penting sekaligus inspirasi bagi banyak anak-anak Indonesia. Pengalaman berharga pemain diharapkan bisa menjadi modal berhagra untuk bersaing di level internasional.

“Saya seorang pelaku sepak bola Indonesia mengamati semua penilaian dari wartawan, teman-teman pelatih, atau pemain. Saya meskipun lama di Indonesia, tetap mengamati dari sudut pandang orang asing, karena saya masih berpaspor Brasil,” ucapnya.

“Sebenarnya sungguh luar biasa, harapan kita semua main di kandang, kita harus tahu ini bukan sepak bola Asia, ini level tertinggi di usia mereka. Mereka (Timnas Indonesia U-17) menghadapi negara yang jelas lebih maju. Asa Timnas Indonesia U-17 bermain di Piala Dunia akan memberikan dampak kepada generasi berikutnya. Kemajuan yang terjadi di Indonesia sungguh luar biasa,” tambahnya.

Karena itu, Jacksen menyebut tak seharusnya orang Indonesia sibuk melakukan kritik. Entah itu tentang shuttel bus, tentang warna rumput JIS.

"Indonesia ini baru pertama kali jadi tuan rumah Piala Dunia. Seharusnya orang Indonesia berpikir positif. Jangan sibuk mengkritik. Ini itu sesuatu yang luar biasa bagi Indonesia," tegas Jacksen.

Jacksen f tiago Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.029

Bagikan