Awal Karier di Indonesia, Robert Rene Alberts Mengira Gabung Persija

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 01 Februari 2021
Awal Karier di Indonesia, Robert Rene Alberts Mengira Gabung Persija
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts membagikan cerita pengalaman berkarier di Indonesia. Ia awalnya mengira akan memulai karier dengan menangani Persija Jakarta.

Hal ini seperti disampaikan kepada Voetbalzone. Karier di Indonesia dimulai setelah menangani klub Malaysia Sarawak pada 2008-2009.

Ia mengaku mendapat tawaran melalui seorang temannya. Namun ia berasumsi akan bernegosiasi dengan Persija, karena ia terbang ke Jakarta pada 2009.

"Tapi sesampainya di sana, saya disuruh untuk lanjut ke Malang. Saya bereaksi sedikit terkejut. Malang? Apa itu? Bukankah saya akan pergi ke Persija? Tidak, Arema membutuhkan seorang pelatih," kata Robert Rene Alberts.

Baca Juga:

Robert Rene Tetap Tangani Persib, Komposisi Pemain Akan Sama

Pelatih Persib Hanya Mau Tanggal Pasti Kick-Off Liga 1 2021

Pelatih asal Belanda berusia 66 tahun itu mengaku kurang tahu tentang Arema. "Tapi saya menerimanya. Lagipula, saya tidak punya pekerjaan di Malaysia."

Sementara soal sepak bola Indonesia, ia banyak mendapat informasi dari pesepak bola Belanda keturunan Maluku, Simon Tahamata. "Ia beberapa kali bercerita tentang sepak bola Indonesia."

"Ayah dan kakek saya tinggal di Indonesia dan kami memiliki barang yang dibawa dari sana (Indonesia). Ada semacam hubungan dengan Indonesia dalam darah saya."

Dalam wawancaranya, Robert Rene Alberts menceritakan pengalaman bertandang ke markas Persebaya. Menurutnya bus yang ditumpangi dilempari.

Ia juga menceritakan masalah gaji yang dialami di Arema. Ini cukup aneh baginya mengingat stadion selalu penuh.

Robert Rene Alberts pun memilih ke Malaysia, sebelum diminta pulang dengan iming-iming mendapat haknya. Robert Rene Alberts akhir meraih titel juara bersama Arema di musim pertama, yakni di ISL 2009-2010.

"Saya kembali dan Anda tidak menyangka. Saya dijemput bukan saja dari bandara, tapi di perbatasan antara Malang dan Surabaya dengan konvoi 5.000 orang di jalan hanya karena saya kembali ke kota. Anda tidak mengalami hal seperti itu, itu luar biasa, kami akhirnya juara. Saya mengerti bahwa saya pelatih asing pertama yang menjadi juara di tahun pertama."

Liga 1 Arema Arema FC Persija jakarta Persib Bandung Robert Rene Alberts Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan