Australia Mundur, Piala Dunia 2034 Dihelat di Arab Saudi

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 01 November 2023
Australia Mundur, Piala Dunia 2034 Dihelat di Arab Saudi
Fans Arab Saudi memegang replika trofi Piala Dunia (Twitter)

BolaSkor.com - Negara mana yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 semakin jelas terlihat. FIFA, selaku Federasi Sepak Bola Dunia, menetapkan batas waktu dan persyaratan untuk penawar yang ingin jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Penawar hanya boleh datang dari anggota bagian di AFC (Asia) dan OFC (Oseania). Menilik hal tersebut, Australia dan Arab Saudi jadi kandidat terkuat untuk menyelenggarakan pesta sepak bola dunia empat tahunan tersebut.

Akan tapi, Australia mundur sebagai penawar dan menyisakan Arab Saudi sebagai satu-satunya negara kandidat tuan rumah Piala Dunia 2034. Australia mengonfirmasinya melalui Federasi Sepak Bola Australia (Australian FA).

Baca Juga:

Presiden FIFA Datang ke KTT ASEAN, 5 Negara Asia Tenggara Selangkah Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 ?

Tandatangani MoU, Presiden FIFA Dukung Rencana ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

"Kami telah menjajaki peluang untuk mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA dan – setelah mempertimbangkan semua faktor – kami telah mencapai kesimpulan untuk tidak melakukannya pada kompetisi 2034,” tutur pernyataan Australia.

"Sebaliknya, kami yakin kami berada dalam posisi yang kuat untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional wanita tertua di dunia, Piala Asia Wanita AFC 2026, dan kemudian menyambut tim-tim terhebat di dunia sepak bola untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2029."

Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga mengonfirmasi kabar tersebut melalui pesannya. "Sepak bola menyatukan dunia tidak seperti olahraga lainnya, Piala Dunia contoh sempurna untuk pesan kesatuan dan kebersamaan. Budaya berbeda dapat bersama," tuturnya dikutip dari Twitter Fabrizio Romano.

Yasser Al Misehal, Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, juga menuturkan kesiapan negaranya menjadi tuan rumah.

"Didorong oleh semangat besar bangsa muda kami terhadap olahraga ini, Federasi Sepak Bola Arab Saudi berkomitmen penuh untuk memenuhi dan melampaui persyaratan penawaran," tegasnya.

Pasca Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Arab Saudi juga memulai pembangunan sepak bola yang dimulai dengan menaikkan pamor liga lokal.

Hal tersebut dapat dilihat dengan betapa banyaknya eksodus pemain top dari Eropa ke Arab Saudi seperti Cristiano Ronaldo, Sadio Mane, N'Golo Kante, Karim Benzema, Ruben Neves, hingga Sergej Milinkovic-Savic.

Arab saudi Australia Piala dunia 2034
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan