Australia 0-2 Peru: Blanquirroja Ajak Socceroos Pulang Bareng

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 26 Juni 2018
Australia 0-2 Peru: Blanquirroja Ajak Socceroos Pulang Bareng
Selebrasi kapten Peru Paolo Guerrero (Twitter/FIFAWorldcup)

BolaSkor.com - Australia dipastikan terdepak dari Piala Dunia 2018 setelah kalah 0-2 oleh Peru pada laga terakhir Grup C di Stadion Fisht, Sochi, Selasa (26/6) malam WIB. Dua gol Peru dicetak Andre Carillo di menit ke-18 dan Paolo Guerrero (50).

Memburu kemenangan, Australia menurunan formasi 4-2-3-1 dengan mengandalkan Tomi Juric sebagai ujung tombak tunggal. Juric masuk menggantikan Andrew Nabbout. Pola serupa juga dipakai kubu Peru yang menempatkan Paolo Guerrero di depan.

Sejak laga dimulai Australia mencoba memegang kendali permainan. Di menit-menit awal Socceroos berusaha mengurung Peru. Saat duel berjalan lima menit, Australia hampir membuka gol. Sayang usaha keras Mathew Leckie gagal dimaksimalkan Mile Jedinak. Bola sepakannya masih melambung.

Tak berapa lama, Australia kembali mencipta peluang. Namun serangan pasukan Bert van Marwijk masih bisa diredam kiper Peru, Pedro Gallese. Pada 15 menit pertama, Australia menguasai jalannya laga.

Namun pada menit ke-18, Peru yang hampir tak pernah bisa meninggalkan area sendiri justru berhasil membuat gol. Andre Carillo yang menerima umpan Paolo Guerrero melepaskan sepakan voli yang tak bisa dibendung Mat Ryan. Peru unggul 1-0.

Carrillo menjadi pemain Peru yang mencetak gol di Piala Dunia sejak Guillermo la Rosa pada 1982. Saat itu Peru kalah 1-5 dari Polandia.

Setelah kebobolan, Australia kembali mengepung pertahanan Peru. Pada menit ke-27, aksi individu Rogic yang melewati tiga pemain Peru masih belum berbuah hasil. Bola sepakannya masih bisa dijinakkan Gallese.

Di pengujung paruh pertama, Peru mencoba memperlambat tempo permainan. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk Peru.

Ketika babak kedua baru berjalan lima menit, Peru menggandakan keunggulan. Adalah sang kapten Guerrero yang mencatatkan namanya dalam papan skor.

Memasuki menit ke-59, Jedinak membuang peluang yang semestinya bisa menjadi gol. Tandukan yang tidak sempurna membuat bola tak menemui target. Sesaat kemudian Australia kembali menciptakan kesempatan, kali ini giliran Behich melepaskan sepakan dalam kemelut di depan gawang Peru. Sayang bola sepakannya terbentur pemain Peru dan hanya menghasilkan sepakan penjuru.

Serangan terus dilancarkan Australia. Seringkali mereka mengirimkan nyaris semua pemain di area lawan. Situasi yang dimanfaatkan Peru yang sesekali melepaskan serangan balik cepat. Hingga laga tamat, skor tak berubah 2-0 untuk Peru.

Dengan hasil ini Peru yang sudah terlebih dulu tersingkir mengajak Australia pulang. Dengan tambahan tiga angka Peru naik ke posisi ketiga sedangkan Australia menjadi juru kunci Grup C. Dari Grup C, dua tim yang memastikan tempat di 16 besar adalah Prancis sebagai juara grup dan Denmark di posisi kedua.


Susunan Pemain

Australia (4-2-3-1): Ryan; Risdon, Sainsbury, Milligan, Behich; Mooy, Jedinak; Leckie, Rogic (Irvine 72), Kruse (Arzani 58); Juric (Cahill 52).

Peru (4-2-3-1): Gallese; Advincula, Ramos, Santamaria, Trauco; Yotun (Aquino 46), Tapia (Hurtado 63); Carrillo (Catrtagena 78), Cueva, Flores; Guerrero.

Breaking News Piala Dunia 2018 Australia Peru
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.153

Bagikan