Piala Asia 2023

Asnawi Eksekusi Penalti dengan Tenang ke Gawang Vietnam, Ternyata Dipersiapkan di Latihan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 21 Januari 2024
Asnawi Eksekusi Penalti dengan Tenang ke Gawang Vietnam, Ternyata Dipersiapkan di Latihan
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia setelah Asnawi Mangkualam Bahar membobol gawang Vietnam. (PSSI)

BolaSkor.com - Asnawi Mangkualam Bahar menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam pada matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1).

Gol Asnawi dari titik putih di menit 42 memastikan Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam. Ini jadi kemenangan pertama Indonesia atas Vietnam dari lima pertemuan terakhir kedua tim, sekaligus membuka peluang Skuad Garuda lolos ke babak 16 besar.

Mengambil penalti di laga menentukan tentu bukan tugas mudah. Diperlukan mental dan kepercayaan diri untuk melakukannya.

Dan, Asnawi berhasil melewati momen krusial itu dengan baik. Bahkan, Ia mampu mengecoh kiper Vietnam, Filip Nguyen, dengan menempatkan bola ke kanan gawang.

Baca Juga:

Jordi Amat Ceritakan Kondisinya, Sebut Ada Kemungkinan Gunakan Pelindung Wajah Lawan Jepang

Alasan Asnawi Ambil Alih Penalti dari Rafael Struick

Ternyata, ada dua faktor kunci yang membuat Asnawi sangat tenang dalam mengeksekusi penalti. Salah satunya karena sering diasah dalam latihan.

"Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan Alhamdulillah bisa tenang mengeksekusi. Lalu, saat diberikan tanggung jawab, tentu harus siap. Saya memang sudah mempersiapkan ini di latihan," kata Asnawi.

Sebetulnya, sebelum Asnawi mengambil penalti, sempat terlihat Rafael Struick yang akan menjadi algojo untuk tendangan 12 pas itu. Tetapi, pada akhirnya, Asnawi yang mengeksekusi.

"Memang itu dari instruksi pelatih dan sudah ditentukan. Siapa pun yang diberikan tanggung jawab harus bisa mengeksekusi dengan baik dan membantu tim beri kemenangan. Jadi, siapa saja harus siap," tutur eks pemain Jeonnam Dragons tersebut.

Timnas Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga Grup D dengan tiga poin, sedangkan Vietnam dipastikan angkat koper alias tersingkir. Indonesia akan bertemu Jepang pada laga terakhir Grup D, Rabu (24/1). Laga ini menentukan siapa yang berhak menjadi runner-up grup dan otomatis mendampingi Irak ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Asnawi Mangkualam Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.320

Bagikan