Arteta Sebut Wasit Harus Dihargai, tetapi Passion dalam Sepak Bola Tak Boleh Hilang

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 25 November 2023
Arteta Sebut Wasit Harus Dihargai, tetapi Passion dalam Sepak Bola Tak Boleh Hilang
Mikel Arteta (Twitter)

BolaSkor.com - Masih hangat dibahas di Premier League bagaimana kritik keras pelatih Arsenal, Mikel Arteta, kepada kinerja wasit menjadi topik pembicaraan di Inggris. Arteta tak menahan sama sekali ucapannya soal pengadil di lapangan.

Itu terjadi ketika Arsenal kalah 0-1 lawan Newcastle United dari gol Anthony Gordon. Arteta geram dengan kinerja wasit dan juga VAR setelah ada tiga momen yang dipantau, tetapi pada akhirnya gol Gordon tetap sah.

Selepas komentar Arteta, yang menuding kinerja wasit memalukan, FA mendakwanya dan memberi waktu kepadanya serta Arsenal untuk banding. Jelang laga pekan 13 Premier League melawan Brentford, Arteta kembali berbicara soal wasit.

Berbicara dengan tenang, pelatih asal Spanyol itu mengakui wasit harus diperlakukan dengan respek, tetapi ia juga tak ingin sepak bola kehilangan passion seiring adanya teknologi dalam permainan, juga dengan kinerja wasit yang juga memiliki wasit VAR.

Baca Juga:

Kontroversi VAR: Arsenal Harusnya Mendisiplinkan Mikel Arteta, Bukan Membelanya

Masa Lalu dengan Chelsea Buat Kai Havertz Sulit Dipercaya Fans Arsenal

Bukan Pendulang Gol Handal, Gabriel Jesus Panaskan Isu Pencarian Striker Baru Arsenal

"Kami menjalani pertandingan dengan emosi. Saya bereaksi ketika seorang pemain mencetak gol. Saya bereaksi ketika seorang pemain memberikan bola," terang Arteta dikutip dari Standard Goal.

"Saya bereaksi terhadap fisio ketika dia ingin terbang di lapangan dan memberikan perawatan dan saya berkata, 'Tidak, tunggu!'. Kami terus-menerus bereaksi. Ini permainannya."

"Kami menjalani pertandingan yang penuh gairah dan kami bermain untuk menang. Dan itu harus terjadi. Anda harus bereaksi. Mari kita duduk di teater ini dan berdiam diri dan melihat apakah liga dan pertandingan ini begitu menarik. Itu tidak akan terjadi. Itulah yang membuatnya istimewa."

"Dengan cara yang sangat terhormat (respek untuk wasit)? Ya tentu saja," tambah Arteta.

Arteta juga menegaskan akan terus berbicara kepada wasit mengenai kinerja mereka, serta menuturkan apabila ia dapat dukungan dari pelatih lainnya di Premier League.

"Saya telah berhubungan dengan banyak dari mereka juga untuk memahami, mereka telah menghubungi saya – banyak dari mereka – saya mengenal sebagian besar dari mereka selama bertahun-tahun dan itu bagus," imbuh Arteta.

"Kami melakukan ini bersama-sama. Kami bersaing satu sama lain namun kami juga memahami peran dan tanggung jawab kami. Kami ingin memenuhi itu."

"Oleh karena itu, segala sesuatu yang kami lakukan harus dipikirkan dengan matang, dengan proses yang baik, dan memastikan bahwa kami berkontribusi untuk menjadikannya lebih baik," pungkasnya.

Arsenal Premier League Mikel Arteta
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.280

Bagikan