Piala Asia 2023

Arkhan Fikri dan Adam Alis Tetap Diboyong Shin Tae-yong ke Qatar

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 05 Januari 2024
Arkhan Fikri dan Adam Alis Tetap Diboyong Shin Tae-yong ke Qatar
Adam Alis saat pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal tetap memboyong Arkhan Fikri dan Adam Alis Setyano ke Qatar. Padahal, kedua pemain tersebut tidak masuk dalam daftar skuad akhir yang didaftarkan ke AFC untuk Piala Asia 2023.

Pada Kamis (4/1), AFC merilis daftar skuad peserta Piala Asia 2023, termasuk Timnas Indonesia. Dalam list itu, tidak terdapat Arkhan Fikri dan Adam Alis.

Kedua pemain tersebut mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia di Antalya, Turki, sejak 21 Desember 2023. Bahkan, mereka dimainkan oleh Shin Tae-yong saat uji coba kontra Libya, Selasa (2/1).

Namun, Shin Tae-yong terpaksa mencoret mereka. Sebab, regulasi hanya mengizinkan setiap tim mendaftarkan 26 pemain saja.

Bahkan awalnya, setiap tim peserta Piala Asia hanya bisa mendaftarkan 23 pemain ke AFC. Namun, konfederasi sepak bola Asia itu memutuskan untuk mengubah aturan.

Baca Juga:

26 Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Witan Sulaeman Nyaman dengan Peran Baru dari Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

AFC mengubah aturan tersebut setelah menerima usulan dari para pelatih usai gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam ajang sepak bola terakbar itu, setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemainnya.

"Memang sudah dirilis 26 pemain (oleh AFC), tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha," kata Shin Tae-yong.

Namun, peluang Arkhan Fikri dan Adam Alis untuk bermain di Piala Asia 2023 belum sepenuhnya tertutup. Shin Tae-yong menjelaskan, tim peserta masih bisa mengubah daftar pemain enam jam sebelum laga pertama, asalkan pemain tersebut masuk dalam entry by name.

"Jadi kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran. Karena secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, bisa diganti pemain-pemain juga," tuturnya.

Pernyataan itu sesuai yang dijelaskan melalui pasal 26 poin 6 di regulasi kompetisi AFC. Di situ dijelaskan bahwa pemain pengganti bisa tampil asalkan sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi atau pengesahan dari AFC.

Sebelum bertolak ke Qatar, Timnas Indonesia masih akan melakoni satu kali uji coba kontra Libya di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Jumat (5/1) malam WIB. Laga itu sekaligus menutup rangkaian TC di Turki.

Setelah di Qatar, masih ada satu agenda uji coba Skuad Garuda, yakni melawan Iran pada 9 Januari. Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Irak jadi lawan pertama Asnawi Mangkualam Bahar dkk. pada 15 Januari, kemudian bertemu Vietnam (19/1) dan terakhir menghadapi Jepang (24/1).

Berikut Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia Piala Asia 2023 beserta nomor punggungnya:

Kiper:

26. Syahrul Trisna - Persikabo

1. Muhamad Riyandi - Persis Solo

21. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

Belakang:

25. Justin Hubner - Wolverhampton

13. Edo Febriansah - Persib Bandung

19. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

5. Rizky Ridho - Persija Jakarta

4. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

3. Elkan Baggott - Ipswich Town

6. Sandy Walsh - KV Mechelen

20. Shayne Pattynama - Viking FK

14. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

12. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

Tengah:

17. Saddil Ramdani - Sabah FC

23. Marc Klok - Persib Bandung

15. Ricky Kambuaya - Dewa United FC

8. Witan Sulaeman - Bhayangkara FC

10. Egy Maulana - Dewa United FC

2. Yakob Sayuri - PSM Makassar

7. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

24. Ivar Jenner - Jong Utrecht

Depan:

16. Hokky Caraka - PSS Sleman

18. Ramadhan Sananta - Persis Solo

22. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

9. Dimas Drajad - Persikabo

11. Rafael Struick - ADO Den Haag.

Timnas Indonesia Adam Alis Arkhan Fikri Tc timnas Uji coba timnas Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.361

Bagikan