Aprilia Akhirnya Mampu Penuhi Harapan Espargaro

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 14 Februari 2023
Aprilia Akhirnya Mampu Penuhi Harapan Espargaro
Aleix Espargaro (twitter/AleixEspargaro)

BolaSkor.com – Aprilia akhirnya berhasil memenuhi tuntutan-tuntutan yang diberikan Aleix Espargaro. Melalui pengembangan yang dilakukan, tim asal Noale, Italia itu mampu memenuhi ekspektasi rider asal Spanyol itu.

Hal ini dibuktikan pada hari terakhir tes pramusim Sepang 2023. Melalui serangkaian uji komponen terbaru mereka, Espargaro mampu meraih hasil lebih baik.

Tercatat pada tes tersebut, Espargaro mampu menempati posisi keenam dengan catatan waktu 1 menit 59.307 detik. Sementara pada hari sebelumnya, Espargaro hanya mampu menempati posisi ke-20 dengan catatan waktu 1 menit 60.017 detik.

Saat disinggung mengenai performa motor Aprilia RS-GP versi 2023 secara keseluruhan, Espargaro mengaku sangat terkesan. Saudara dari Pol Espargaro ini menilai Aprilia RS-GP 2023 lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

“Jelas lebih baik dari tahun 2022. Kecepatan mesinnya lebih baik, top speednya bertambah, dan (bentuk) motornya semakin menyempit hingga membuat saya bisa lebih agresif saat mengubah arah,” tutur Espargaro, dilansir dari motosan.es.

“Aerodinamisnya juga lebih baik ketika di lintasan lurus dan cornering. Tetapi beberapa poin masih harus dikembangkan. Mereka (Aprilia) juga sedang menguji coba mesin di Noale, dan kami akan mencobanya saat tes pramusim kedua di Partimao,” tambahnya.

Namun bukan berarti hasil ini membuat Espargaro dapat bernapas lega. Sebaliknya rider berumur 33 tahun ini justru merasa khawatir usai menjalani tes pramusim Sepang 2023.

Espargaro menjelaskan, kekhawatiran ini dirasakan usai melihat penampilan Ducati. Tercatat pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale, Italia itu mampu tampil dominan dengan mencetak waktu tercepat sejak hari pertama.

“Feeling saya, tren tidak akan berubah. Ducati masih memiliki motor terbaik dan Francesco Bagnaia sangat cepat. Tim satelit mereka juga sangat cepat, seperti halnya Enea Bastianini. Lalu juga ada Jorge Martin yang mampu tampil impresif di lintasan kering,” kata Espargaro.

Tidak hanya soal kecepatan, Espargaro menilai Ducati juga bagus dalam hal pengereman. Melalui keunggulan ini, diprediksi Ducati dapat menyaingi performa Aprilia ketika melakukan cornering.

“Ketika mengerem, Ducati sangat luar biasa. Saya memiliki motor dengan sasis terbaik, tidak ada motor lain yang dapat memiliki kecepatan tinggi saat di cornering seperti Aprilia, tetapi karakteristik ini tidak lagi penting di MotoGP,” ungkap Espargaro.

“Dari yang saya lihat melalui video, Dicati mampu menghentikan lajunya menggunakan kedua rodanya, tidak hanya bagian depan saja. Saat ini saya mencoba settingan berbeda agar bisa lebih baik dan dapat meraih hasil positif,” pungkasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Aleix Espargaro Motogp
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.229

Bagikan