Angkat Koper Dini, Joachim Low Suarakan Perubahan untuk Sepak Bola Jerman

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 30 Juni 2018
Angkat Koper Dini, Joachim Low Suarakan Perubahan untuk Sepak Bola Jerman
Joachim Low (Zimbio)

BolaSkor.com - Mengikuti jejak Prancis, Italia, dan Spanyol, perjalanan timnas Jerman yang berstatus juara bertahan Piala Dunia juga kandas di fase grup. Die Mannschaft gagal lolos penyisihan grup F Piala Dunia 2018.

Jerman menderita dua kekalahan dari Meksiko (0-1) dan Korea Selatan (0-2), serta satu kemenangan 2-1 kontra Swedia. Parahnya lagi, Jerman hanya menempati posisi buncit klasemen di bawah Swedia, Meksiko, dan Korsel.

Tersingkirnya Jerman sungguh tidak diduga sebelumnya, tidak seperti Argentina yang imbang 1-1 kontra Islandia dan kemudian kalah 0-3 dari Kroasia, namun pada akhirnya, lolos melalui kemenangan 2-1 melawan Nigeria. Hujan kritikan langsung disematkan kepada pemain di dalam skuat dan sang pelatih, Joachim Low.

Pelatih berusia 58 tahun itu tidak lari dari tanggung jawab. Low tahun timnya bermain buruk di Piala Dunia 2018. Mantan asisten pelatih Jurgen Klinsmann itu pun menyuarakan perubahan untuk membenahi sepak bola Jerman.

"Setelah kesakitan dan kekecewaan besar pasca kami tersingkir, kami butuh sedikit waktu untuk memikirkannya dan mempertimbangkan konsekuensi. Kami harus mengakui bahwa kami benar-benar kecewa di turnamen ini. Kami benar-benar kecewa karena tak mampu memberikan fans yang mereka inginkan," papar Low di ESPN, Jumat (29/6).

"Tidak ada satu alasan - kami beberapa alasan mengapa kami tersingkir. Faktanya adalah kami tidak berada di performa yang kami perlihatkan beberapa tahun terakhir. Kami harus menganalisa kesalahan yang kami buat. Saya pikir kami harus mengambil sikap. Tindakkan untuk masa depan dan perubahan jelas dibutuhkan."

Mengambil contoh ketika Low masih menjadi asisten pelatih Klinsmann, Jerman kala itu juga melakukan perubahan pasca tersingkir dini di fase grup Euro 2004 - Jerman masih dilatih Rudi Voller

"Setelahnya (Euro 2004), banyak perubahan yang sudah dilakukan. Kami membuka jalan menuju puncak selama 14 tahun - kami tim paling konsisten di dunia selama 10 tahun terakhir dan menjadi juara," tambah Low.

Bagi beberapa orang, memecat Low bukan solusi yang tepat. Dukungan agar Low terus melatih Jerman diutarakan langsung dari pemain Jerman, Sami Khedira.

"Dia (Low) bisa dan seharusnya tetap bertahan - tapi apapun keinginannya maka itu sudah jadi keputusannya. Saya ingin Jogi terus melanjutkan (pekerjaannya). Dia telah melakukan pekerjaan dengan sangat selama bertahun-tahun, menyatukan banyak pemain muda ke dalam tim," imbuh Khedira.

Breaking News Timnas Jerman Joachim Low Sami Khedira Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan