Piala Asia 2023

Analisis: Kiper Jepang Titik Lemah, Lemparan Pratama Arah dan Tendangan Spekulasi Bisa Jadi Senjata

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 23 Januari 2024
Analisis: Kiper Jepang Titik Lemah, Lemparan Pratama Arah dan Tendangan Spekulasi Bisa Jadi Senjata
Aksi Pratama Arhan melawan Kamboja. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang, pada laga ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Rabu (24/1) malam WIB.

Laga ini menjadi penentu kedua tim. Timnas Indonesia tak boleh terpeleset. Hasil imbang dan kemenangan akan mengunci Skuad Garuda ke babak 16 besar, baik sebagai runner-up Grup D atau peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga:

Shin Tae-yong dan Egy Sepakat, Timnas Indonesia Ingin Tunjukkan Level Berbeda Kontra Jepang

Ketum PSSI Erick Thohir Angkat Topi untuk Patriotisme Jordi Amat

Zion Suzuki Titik Lemah Jepang

Di atas kertas, Jepang lebih diunggulkan. Namun, Samurai Biru punya kelemahan. Ada celah yang bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia di dalam diri kiper Jepang, Zion Suzuki.

Penampilan kiper berusia 21 tahun itu mendapat kritik dalam dua laga Jepang saat menghadapi Vietnam (4-2) dan Irak (1-2).

Saat melawan Vietnam, Suzuki kurang sigap. Gol Nguyen Binh Dac contohnya. Ia kurang cermat dalam penempatan posisi untuk menghalau tandukan Nguyen Binh Dac ke tiang jauh.

Zion Suzuki
Zion Suzuki saat menghadapi Irak. (AFC)

Lalu kesalahan lainnya adalah saat Suzuki salah antisipasi dengan menepis satu tembakan, yang akhirnya dimanfaatkan Tuan Hai untuk menciptakan gol dari bola rebound. Padahal, bola hasil tembakan itu tidak terlalu kencang dan seharusnya bisa ditangkap.

Penampilan Zion Suzuki makin buruk saat Jepang kalah melawan Irak. Gol pertama Aymen Hussein yang memanfaatkan bola tepis Suzuki adalah buktinya.

Pemain Irak melakukan umpan ke dalam kotak penalti, alih-alih Suzuki menangkap bola, justru dia lebih memilih menepis. Padahal, bola bisa dipetik dengan mudah. Alhasil, Aymen Hussein dapat menanduk bola hasil tepisan Suzuki.

Lemparan Pratama Arhan

Timnas Indonesia Jepang Timnas Jepang Marselino ferdinan Pratama Arhan Alif Ivar Jenner Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.996

Bagikan