Analisis Mantan Kiper Nomor Satu Spanyol Menyoal Blunder De Gea saat Melawan Portugal

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 20 Juni 2018
Analisis Mantan Kiper Nomor Satu Spanyol Menyoal Blunder De Gea saat Melawan Portugal
David De Gea (Zimbio)

BolaSkor.com - Empat penghargaan Pemain Terbaik Manchester United disertai Sarung Tangan Emas di musim 2017/18. Inilah penghargaan yang menahbiskan David De Gea sebagai salah satu kiper terbaik Eropa saat ini.

Dengan segala statistik penyelamatan gemilang yang sudah dilakukannya untuk Man United, wajar jika De Gea menempati posisi kiper nomor satu timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2018, menggantikan Iker Casillas yang sudah bertahun-tahun silam menempatinya. Bagi De Gea, Piala Dunia 2018 merupakan turnamen besar pertama yang diikutinya sebagai kiper utama Spanyol.

Laga pertama Spanyol di grup B diawali melawan juara Euro 2016, Portugal. Pertandingan berakhir imbang 3-3. Spanyol tak kuasa membendung kegemilangan megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, yang tengah on fire dan memborong ketiga gol Portugal. Sementara tiga gol Spanyol dilesakkan dua gol Diego Costa dan Nacho Fernandez.

Dari keenam gol yang sudah tercipta, gol kedua Ronaldo menjadi bahasan panjang karena De Gea melakukan blunder dan gagal mengamankan bola yang sudah datang ke arahnya. Pasca laga, kiper berusia 27 tahun dikritik habis-habisan, sampai ada jajak pendapat melalui media Spanyol yang ingin Kepa Arrizabalaga bermain ketimbang De Gea.

Casillas turut menganalisa kesalahan yang dilakukan De Gea. Sebagai kiper yang saat ini bermain di Porto, Casillas tahu betul perannya tersebut. Ia memiliki kepercayaan penuh kepada De Gea dan berkata, gol kedua Ronaldo memang cukup unik karena tendangan bola yang sedikit berbelok. Menurutnya, publik seharusnya tidak terlalu menyalahkan De Gea.

"Saya punya kepercayaan penuh kepadanya (De Gea). Dengan membuat kesalahan kecil, dia tidak seharusnya tidak menjadi sasaran kritikan. Tendangan Cristiano benar-benar menyengat - dia menendang bola dengan sangat tepat - terutamanya dengan kaki kirinya. Gerakannya cepat dan mungkin, bola tiba-tiba berbelok arah," tutur Casillas di AS, Rabu (20/6).

Lalu untuk gol ketiga, Casillas menilai bahwasanya tendangan bebas Ronaldo memang memperlihatkan kelasnya. Publik tidak dapat menyalahkan De Gea karena tendangannya memang sulit dihentikan.

"Gol ketiganya benar-benar luar biasa hebat - kualitas alami. Secara praktikal tidak dapat dihentikan. Cristiano pemain utama untuk Portugal," urai Casillas.

De Gea memiliki kans untuk menebus kesalahannya itu saat Spanyol melawan Iran pada Kamis, 21 Juni 2018 pukul 01.00 dini hari WIB.

Breaking News Iker Casillas Cristiano Ronaldo David De Gea Timnas Portugal Timnas Spanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.265

Bagikan