Aleix Espargaro Kritik Regulasi Sistem Tekanan Ban

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 05 Agustus 2023
Aleix Espargaro Kritik Regulasi Sistem Tekanan Ban
Aleix Espargaro (twitter/AleixEspargaro)

BolaSkor.com – Pemberlakukan regulasi sistem tekanan ban pada MotoGP Inggris pekan ini mendapat sorotan tajam dari Aleix Espargaro. Menurut pembalap Aprilia ini, regulasi tersebut justru akan membuat balapan semakin membosankan

Pasalnya regulasi ini berpotensi menghalangi para pembalap dalam melakukan overtake. Mereka takut tekanan ban motornya meningkat melebihi batas yang sudah ditentukan saat mengejar pembalap lain.

“Masalah utamanya akan muncul ketika kita ingin overtake lawan, tidak ada kesempatan. Saat berada di slipstream, tekanan ban akan meningkat drastis dan mau tidak mau kamu harus menjaga jarak di belakang (agar tekanan ban tidak naik). Saya mengalami masalah ini saat di Assen ketika mengejar Bezzecchi,” ucap Espargaro, dikutip dari crash.net.

“Pada dasarnya, saya mengerti ide yang menginginkan faktor keselamatan. Namun. Ini akan menyulitkan para teknisi. Beberapa faktor seperti cuaca atau permukaan lintasan juga ikut berperan. Lalu juga ada komponen aerodinamika yang bisa menambah tekanan ban depan,” tambahnya.

Hal ini jelas mempengaruhi keseruan yang ada. Sebab balapan akan menjadi monoton karena tidak ada lagi aksi salip-menyalip. Padahal aksi ini selalu menjadi bumbu penyedap yang dapat menarik animo masyarakat.

Sebagai informasi, regulasi ini sebenarnya sempat diimplementasikan pada paruh pertama musim 2023 ini. Namun sifatnya hanya sebatas uji coba agar para pembalap dapat terbiasa.

Setelah melalui uji, akhirnya diterapkan secara resmi diparuh kedua musim ini. Nantinya akan ada sanksi berupa penambahan catatan waktu bagi setiap pembalap yang melanggarnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Aleix Espargaro Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan