Alasan Lionel Messi Terpilih sebagai Pemenang Penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2023

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 16 Januari 2024
Alasan Lionel Messi Terpilih sebagai Pemenang Penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2023
Lionel Messi Pemain Terbaik FIFA 2023 (Twitter)

BolaSkor.com - FIFA selaku penyelanggara seremoni penghargaan Pemain Terbaik 2023 menghelat acaranya di London, Inggris, pada Selasa (16/01) dini hari WIB. Acara puncak ditutup dengan terpilihnya Lionel Messi sebagai Pemain Terbaik FIFA 2023.

La Pulga, yang saat ini membela Inter Miami, mengalahkan Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) dan Erling Haaland (Manchester City), sama seperti penghargaan Ballon d'Or 2023. Messi menyandingkan dua penghargaan itu sekaligus memenanginya dua kali beruntun.

Messi, 36 tahun, tidak bisa hadir di London dan pengambilan penghargaan itu diwakili Thierry Henry, legenda Arsenal sekaligus mantan rekan setim Messi di Barcelona, yang juga memandu acara bersama Reshmin Chowhury.

"Malam ini seseorang harus mengambil trofinya, boleh saya melakukannya?" Canda Henry. "Saya sebenarnya punya dua alasan mengambilnya. Saya tak pernah memenanginya jadi saya akan menjaganya."

Baca Juga:

Waspada Tim Rival, Manchester City Kembali Gahar

Mikel Arteta Bicara Strategi Transfer Arsenal pada Januari 2024

Selamat Datang Kembali, Kevin De Bruyne

"Tapi, Anda (Henry berbicara kepada Chowhury, fans Tottenham Hotspur) fans Tottenham, kan? Itulah alasan lainnya, Anda tak terbiasa memegang trofi di tangan Anda, jadi saya ambil yang satu ini."

Apa yang menarik dari penghargaan itu adalah perolehan suara Messi sama dengan Haaland, 48 poin, sementara Mbappe dengan 35 poin. Lantas, mengapa Messi terpilih jadi pemenang?

Jawaban sederhananya, legenda Barcelona memenanginya karena suara dari kapten-kapten timnas. Suara diakumulasikan dari kapten timnas, pelatih, media dan fans, untuk menentukan pemenang penghargaan.

Messi unggul ketimbang Haaland dari dukungan kapten timnas dan fans, mencatatkan 13 poin ketimbang 11 poin penyerang Manchester City tersebut. Namun, media dan pelatih juga mendukung Haaland hingga kedudukan sama kuat.

Pada akhirnya pemenang ditentukan oleh angka tertinggi dari 'lima poin' yang didapat dari dukungan kapten-kapten timnas, di bawah aturan penghargaan tersebut. Alhasil, Messi memiliki 107 poin poin dan Haaland 64 poin.

Lionel Messi Erling Haaland Fifa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan