Alasan Asnawi Ambil Alih Penalti dari Rafael Struick

Alasan Asnawi Ambil Alih Penalti dari Rafael Struick

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 20 Januari 2024
Alasan Asnawi Ambil Alih Penalti dari Rafael Struick
Aksi Asnawi Mangkualam Bahar saat menghadapi Vietnam. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan asalan mengapa Asnawi Mangkualam Bahar yang mengambil tendangan penalti. Asnawi mengambil tugas Rafael Struick yang seharusnya menjadi algojo penalti.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0, pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1) malam WIB.

Laga berjalan sengit sejak menit awal. Timnas Indonesia melancarkan high pressing. Gol kemenangan Skuad Garuda akhirnya tercipta, setelah Rafael Struick dilanggar di kotak penalti.

Asnawi Mangkualam Bahar yang menjadi algojo, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik pada menit ke-42. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga laga usai.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Pulangkan Vietnam dari Piala Asia 2023

Tekad Menang Jadi Resep Timnas Indonesia Pulangkan Vietnam

Sebelum Asnawi mengambil eksekusi, Rafael Struick yang terlihat akan turun sebagai algojo. Namun akhirnya, pemain berumur 19 tahun itu tidak menjadi algojo penalti. Sang kapten yang mengambil tugas itu dengan sempurna.

Shin Tae-yong mengungkapkan, alasan mengapa pada akhirnya Asnawi yang mengambil sepakan penalti.

“Saya pikir Asnawi lebih percaya diri. Meski belum mencetak gol sebelum pertandingan, ia merasa baik sangat menguasai bola dan menyelesaikan dengan baik dibandingkan Rafael Struick,” kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers usai laga.

“Beruntung Asnawi menendang penalti dengan benar. Mampu membawa kemenangan buat kami,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar. Skuad Garuda mengantongi 3 poin dari 2 laga. Membuntuti Irak (6 poin) dan Jepang (3 poin).

Sedangkan Vietnam harus tersingkir dari Piala Asia 2023. The Golden Stars kalah head to head dari Timnas Indonesia dan Jepang, meski masih menyisakan satu laga melawan Irak, Rabu (24/1). Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang, Rabu (24/1).

Asnawi Mangkualam Timnas Indonesia Piala Asia 2023 Rafael Struick Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.023

Bagikan