Kualifikasi Piala Dunia 2026

Akui Timnas Indonesia Terlemah, Shin Tae-yong Realistis di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 17 Juni 2024
Akui Timnas Indonesia Terlemah, Shin Tae-yong Realistis di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin Timnas Indonesia melawan Irak di SUGBK, Jakarta, Kamis (6/6). (BolaSkor.com/Didik Setiawan)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, realistis terkait peluang tim asuhannya di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dari 18 tim yang lolos ke babak tersebut, Indonesia merupakan salah satu yang terlemah.

Hal ini disampaikan oleh Shin Tae-yong dalam wawancara dengan Kantor Berita asal Korea Selatan (Korsel), Yonhap. Kepada Yonhap, pelatih 52 tahun tersebut secara terbuka akui sulit bagi Timnas Indonesia untuk menduduki peringkat satu dan dua di grup nanti.

Pasalnya, Timnas Indonesia bakal bertemu lawan-lawan yang jauh lebih kuat, terutama tim yang menempati pot 1 dan pot 2. Berdasarkan ranking FIFA terbaru, pot 1 kemungkinan bakal ditempati Jepang, Irak, dan Korsel. Sementara itu, di pot 2 diprediksi ada Australia, Qatar, dan Irak.

Baca Juga:

Erick Thohir Belum Berhitung Peluang Timnas Indonesia di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Lolos Babak Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir Minta Penyesuaian Jadwal Liga 1

Wakil ASEAN Satu-satunya, Berikut Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan situasi itu, Shin Tae-yong mengatakan target realistis bagi Timnas Indonesia adalah menempati peringkat 3 atau 4, untuk kemudian berjuang di putaran keempat. Adapun Juara dan Runner-up Grup nantinya akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

"Setelah undian, jika kami mendapat sekitar tiga lawan yang kuat maka kami akan mengincar posisi 3-4. Lalu kami bisa berjuang di babak 4. Bahkan kami sudah memikirkan laga play-off," kata Shin Tae-yong.

"Faktanya ranking Indonesia adalah yang terendah dibanding 18 tim peserta (ronde 3). Untuk bisa ke Piala Dunia, kami harus mengharapkan keberuntungan," ucapnya.

Berdasarkan update terakhir FIFA pada 4 April, Timnas Indonesia menempati peringkat 134. Dari 18 tim yang lolos ke Babak Ketiga, Indonesia hanya unggul dari Kuwait (139).

Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.669

Bagikan