Piala Asia 2023

Akui Perbedaan Level dengan Jepang, Waketum PSSI Angkat Topi untuk Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 24 Januari 2024
Akui Perbedaan Level dengan Jepang, Waketum PSSI Angkat Topi untuk Timnas Indonesia
Pemain Jepang, Ayase Ueda, berusaha melindungi bola dari Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan. (PSSI)

BolaSkor.com - Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, mengapresiasi penampilan Timnas Indonesia meski dikalahkan Jepang 1-3 pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1).

Amali terkesan dengan perjuangan yang ditunjukkan oleh Jordi Amat dan kawan-kawan sepanjang pertandingan. Menurutnya, Timnas Indonesia sudah memberikan perlawanan maksimal terhadap Jepang, yang secara level jauh lebih baik.

"Kita sudah lihat bagaimana perjuangan timnas, anak-anak kita saya kira melawan negara dengan peringkat jauh di atas kita, tapi bisa meladeni permainan Jepang," kata Zainudin Amali usai mengikuti kegiatan nonton bareng (nobar) bersama awak media di GBK Arena, Jakarta, Rabu (24/1).

Namun, Zainudin Amali cukup menyayangkan beberapa kejadian yang menurutnya tidak perlu terjadi. Misalnya, pelanggaran Jordi Amat terhadap Ayase Ueda di awal babak pertama yang mengakibatkan penalti.

Baca Juga:

Dikalahkan Jepang, Nasib Timnas Indonesia Bergantung pada Bahrain dan Oman

Dikalahkan Irak, Vietnam Pulang dengan Tangan Hampa

"Bahkan tadi gol bunuh diri (Justin Hubner) yang terakhir, tapi secara keseluruhan saya melihat bahwa timnas kita semakin baik performanya, apalagi kemarin sudah sampai mengalahkan Vietnam," ujar Amali.

Menurut Amali, dari tiga penampilan Timnas Indonesia di babak grup Piala Asia 2023 menunjukkan bahwa tim ini punya potensi untuk menjadi lebih baik. Sebelumnya, Skuad Garuda dikalahkan Irak 1-3 dan menang 1-0 atas Vietnam.

"Itu saya kira harapan baru buat kita dan ini kan anak-anak ini banyak yang akan main untuk Piala Asia U-23, jadi tentu PSSI berharap kita bisa lanjut lagi walaupun nasib kita ditentukan oleh negara lain."

"Tapi namanya juga harapan, mudah-mudahan itu akan terwujud," tutur mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia itu menambahkan.

Kans Timnas Indonesia ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik belum sepenuhnya tertutup. Syaratnya adalah Bahrain kalah minimal 0-3 dari Yordania. Selain itu, Oman juga tidak boleh menang atas Kirgistan.

Timnas Indonesia Timnas Jepang Pssi Zainudin Amali Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.464

Bagikan