Akademi PSS Sleman Tak Sekadar Penuhi Regulasi PSSI

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 07 Agustus 2019
Akademi PSS Sleman Tak Sekadar Penuhi Regulasi PSSI
Koreografi suporter PSS Sleman. (BolaSkor.com/Prima Pribadi)

BolaSkor.com - Sesuai regulai yang dikeluarkan oleh PSSI bahwa setiap tim kontestan Liga 1 diwajibkan untuk memiliki tim kelompok umur, yakni mulai dari U-16, U-18, dan U-20. Selain untuk mematuhi regulasi, ternyata ada ambisi yang dimiliki oleh PSS Sleman dengan adanya regulasi tersebut.

Saat ini tim berjuluk Super Elang Jawa itu telah memiliki akademi sepak bola yang terbagi dalam tiga kelompok tersebut. Keberadaan tim muda diharapkan mampu mendukung skuat senior klub juara Liga 2 2018 ini.

Selain diharapakan sebagai lumbung pemain untuk tim utama (PSS Senior), keberadaan akademi ini diharapkan mampu memasok talenta untuk Tim Nasional Indonesia nantinya.

“Akademi PSS lahir setelah kami naik ke Liga 1. Regulasi PSSI mengharuskan tim-tim Liga 1 memiliki akademi. Dari situ, kami pun membentuk Akademi PSS,” ujar Direktur Akademi PSS, Guntur Cahyo Utomo.

Baca Juga:

Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco Tunggu Kejelasan TC Timnas Indonesia

Keputusan Memarkir Andhika Wijaya Disorot Fans Bali United, Teco Beri Jawaban

“Misi kami adalah menghijaukan Indonesia. Artinya, PSS itu milik Indonesia, bukan hanya Sleman saja. Salah satu tujuannya adalah kami ingin memasok pemain ke Timnas Indonesia,” lanjutnya.

Ia menambahkan, keberadaan tim akademi ini diharapakan mampu meningkatkan level para talenta daerah, khususnya di Yogyakarta. Menurutnya saat ini DIY sangat kekurangan pemain di level nasional.

“Di Liga 1 musim ini hanya ada dua orang dari DIY. Bagas Adi Nugroho di Bhayangkara FC dan Antoni Putro di Kalteng Putra. Bandingkan dengan kota-kota lain seperti Padang atau Ternate yang menghasilkan banyak pemain di level nasional,” ungkap Guntur.

Tim muda PSS diharapkan mampu menutup kekurangan ini. Targetnya ditahun depan para pemain muda hasil binaan akademi sendiri mampu meraih prestasi di level nasional. (Laporan Kontributor Prima Pribadi/Yogyakarta)

PSS Sleman Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan