Ajax Amsterdam 0-1 Liverpool: Fabinho Buktikan Layak Gantikan Peran Virgil van Dijk

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 22 Oktober 2020
Ajax Amsterdam 0-1 Liverpool: Fabinho Buktikan Layak Gantikan Peran Virgil van Dijk
Fabinho (Twitter)

BolaSkor.com - Kehilangan Virgil van Dijk tak otomatis membuat pertahanan Liverpool mudah dibobol tim lawan. Fabinho mampu menggantikan peran bek berkebangsaan Belanda itu dengan maksimal.

Liverpool sukses mencatatkan clean sheet saat melakoni laga perdana grup D Liga Champions 2020-2021. The Reds mampu mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 1-0 di Jihan Cruijff Arena, Kamis (22/10) dini hari WIB.

Padahal Liverpool turun dengan komposisi lini pertahanan yang tidak ideal. Jurgen Klopp selaku manajer tak bisa memainkan duet bek tengah andalannya yaitu Van Dijk dan Joel Matip.

Baca Juga:

Ajax 0-1 Liverpool: Tiga Poin dan Clean Sheets The Reds Tanpa Virgil van Dijk

Nostalgia - Ketika Ajax Rinus Michels Mengejutkan Liverpool Bill Shankly pada 1966

Ajax Amsterdam Vs Liverpool: Jurgen Klopp Bingung Tentukan Komposisi di Lini Pertahanan

Penyelamatan gemilang Fabinho.

Sebagai gantinya, Klopp memasang duet Joe Gomez dan Fabinho. Nama terakhir berposisi asli sebagai gelandang bertahan.

Hebatnya, Fabinho seperti tak canggung berperan sebagai bek tengah. Ia bahkan sempat melakukan penyelamatan ajaib saat menyapu bola sepakan Dusan Tadic di garis gawang jelang babak pertama berakhir.

Dari data statistik, Fabinho melakukan empat tekel sukses, sembilan sapuan, dan empat intersep. Sebuah performa yang cukup baik untuk seorang bek dadakan.

Tak heran jika performa Fabinho itu membuat Klopp terpukau. Apalagi ini merupakan kali pertama ia diduetkan dengan Gomez.

"Kombinasi Joey dan Fabinho ini, saya tidak berpikir mereka bermain bersama sebelumnya. Itu adalah penampilan yang sangat bagus tapi ada banyak hal yang perlu ditingkatkan," kata Klopp di situs resmi klub.

Laga kontra Ajax sebenarnya bukan pertama kali Fabinho tampil sebagai bek tengah. Ia juga sempat bermain di posisi tersebut saat Liverpool mengalahkan Chelsea, sebulan lalu.

Klopp nampaknya melihat potensi Fabinho untuk menjadi bek tengah yang tangguh. Padahal pemain berkebangsaan Brasil itu lebih dulu dicoba bermain sebagai bek sayap.

"Fabinho bisa memainkan posisi itu (bek tengah), sebenarnya dia suka memainkannya. Jika saya memintanya bermain sebagai bek kanan, saya rasa dia tidak akan menikmatinya seperti dia menikmati posisi bek tengah," tambahnya.

Solidnya penampilan Fabinho sebagai bek tengah untuk sementara bisa membuat Klopp dan para pendukung Liverpool tenang. Seperti diketahui, Van Dijk kemungkinan akan absen hingga akhir musim ini karena harus naik meja operasi.

Peluang Liverpool untuk mendatangkan bek baru baru bisa terjadi saat bursa transfer musim dingin dibuka Januari nanti. Hingga waktu tersebut, memainkan Fabinho di posisi bek tengah merupakan pilihan yang realistis.

Fabinho Virgil van Dijk Liverpool Ajax amsterdam Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan