Ahmad Saefudin Siap Pimpin Lagi KONI Jabar

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 07 Agustus 2018
Ahmad Saefudin Siap Pimpin Lagi KONI Jabar
KONI Jabar. (Istimewa)

BolaSkor.com - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saefudin menyatakan siap untuk memimpin kembali KONI Jabar periode 2018-2022. Ahmad menjawab pertanyaan dari anggota pada acara silaturahmi dan konsolidasi organiasi KONI Jabar bersama anggotanya, yakni Konida Kota Kabupaten, cabang olahraga, dan Badan fungsional, di Hotel Grand Aquila, Jalan dr Djundjunan, Kota Bandung, 3-4 Agustus lalu.

Materi konsolidasi ini sebenarnya membahas pemantapan persiapan Porda Jabar yang akan digelar 6-15 Oktober, persiapan menyukseskan Asian Games 2018, dan pemaparan program KONI Jabar untuk PON XX 2020 Papua.

Namun, pada kesempatan tersebut, beberapa cabang olahraga maupun Konida mempertanyakan legalitas masa kepengurusan KONI Jabar 2014-2018. Ahmad mengatakan alasan dirinya siap maju lagi memimpin KONI Jabar karena adanya keinginan atau dukungan dari cabang olahraga, Konida, dan badan fungsional.

"Saya juga balik bertanya kepada mereka, apakah dukungan kepada saya sesuai hati nurani? Kalau memang sesuai hati nurani, saya juga dengan hati nurani, Insya Allah siap amanah memimpin KONI Jabar ke depan," ujar Ahmad Saefudin.

Kepengurusan KONI Jabar periode 2014-2018 akan berakhir September. Oleh karena itu, dalam pertemuan itu, Ahmad menegaskan bahwa pelaksanaan Musoprov KONI Jabar akan dilaksanakan pada pekan pertama atau kedua September.

"Kami tidak akan mempercepat atau memperlambat pelaksanaan Musorprov. Kami akan terbuka dan tetap pada jalur organisasi sesuai aturan yang berlaku, bahwa kepengurusan sekarang memang berakhir September," katanya.

Berdasarkan dua kali penyelenggaraan Musorprov KONI Jabar memilih ketua umum, selalu digelar sebelum pelaksanaan Porda. Karenanya, pada saat pelaksanaan Porda XIII 2018, yang ikut terlibat adalah kepengurusan baru KONI Jabar 2018-2022.

Ahmad Saefudin menjelaskan bahwa pada masa kepengurusan KONI Jabar 2014-2018 telah menyusun program pembinaan jangka panjang, termasuk untuk meraih prestasi pada PON XX 2020.

Program ini telah disusun oleh tim ahli sesuai bidangnya yang melibatkan pakar olahraga, ilmu pengetahun dan teknologi (sport science), dan ditunjang dengan program kerjasama olahraga Pemprov Jabar dan Provinsi Gyeongsangbuk-Do Korea. Salah satu pakar olahraga yang ikut menyusun program jangka panjang pembinaan adalah Prof. Rusli Lutan dan pihak Kampus UPI.

"Sukses Jabar pada PON 2016 Jabar lalu, bukan karena prestasi seorang Ahmad Saefudin. Namun, semua elemen bahu membahu memiliki tekad sama membawa prestasi Jabar dalam bidang olahraga. Eksekutif, legislatif, KONI Jabar, perguruan tinggi, dan masyarakat sangat kompak dalam mendukung pencapaian prestasi tersebut," katanya.

Karena itu, sinergitas semua eleman yang sudah terbangun ini, kata Ahmad, agar terus dipertahankan, dan bahkan bisa ditingkatkan lagi, karena demi prestasi olahraga tidak bisa satu atau dua elemen berdiri sendiri. Semua pemangku kepentingan perlu bekerjasama.

Ahmad Saefudin menjelaskan selama kepengurusannya, dia tak hanya fokus soal pembinaan. Namun, atlet yang telah memberikan prestasi kepada Jabar mendapat perhatian soal pendidikan, sehingga KONI Jabar memprakarsai kerjasama beasiswa bidang pendidikan seperti dengan ITB, UPI, STKIP Pasundan, dan program pascasarjana UPI.

"Setelah mereka lepas dari status atlet, minimal memiliki bekal pendidikan. Jadi dengan program bidang pendidikan ini, jangan sampai terdengar lagi setelah pensiun
dari atlet terlunta-lunta. Minimal dengan memiliki status pendidikan, mereka bisa bekerja atau jadi pintar untuk berbisnis untuk menopang kehidupannya," tegasnya.

Ketua Umum Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia (IODI) Jawa Barat, Ayda Gurning mengakui bahwa pihaknya termasuk yang meminta kepastian Ahmad Saefudin apakah maju lagi atau tidak untuk memimpin KONI Jabar 2018-2022. Ia juga yang ikut mempertanyakan legalitas kepengurusan sekarang masa berlakunya berakhir kapan.

Ayda secara terang-terangan akan mendukung Ahmad Saefudin karena berbagai prestasi yang telah ditorehkan selama memimpin KONI Jabar.

"Kami bersikap realistis. Pak Ahmad ada prestasi membawa Jabar juara umum PON setelah menunggu hampir 50 tahun lebih. Kalau saat itu gagal juara umum, ceritanya akan lain. Nah, nanti pembuktian adalah di PON 2020 Papua. Kemarin KONI sudah memapaparkan tekad mempertahankan gelar juara umum serta peta kekuatan pesaing Jabar nanti," tandasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Breaking News KONI Jabar
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan