AFF Gandeng Shopee sebagai Sponsor Utama, ASEAN Club Championship Dimulai 17 Juli 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 04 April 2024
AFF Gandeng Shopee sebagai Sponsor Utama, ASEAN Club Championship Dimulai 17 Juli 2024
AFF menggandeng Shopee sebagai sponsor utama ASEAN Club Championship 2024/2025. (AFF)

BolaSkor.com - Federasi sepak bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF) mengumumkan Shopee sebagai sponsor utama untuk ajang ASEAN Club Championship 2024/2025. Turnamen ini kembali digelar setelah vakum sejak tahun 2005.

Dengan pengumuman tersebut, titel turnamen resmi berubah menjadi Shopee Cup. Selain itu, AFF juga menggandeng Sportfive sebagai mitra komersial.

Kerja sama ini pun disambut baik oleh Presiden AFF, Khiev Sameth. Dia mengatakan Shopee Cup akan menjadi bagian dari tonggak sejarah sepak bola ASEAN.

"Shopee Cup akan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi sepakbola di kawasan ini. Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia," kata Khiev Sameth di laman AFF, Kamis (4/4).

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan lokal ASEAN yang terkenal secara global dan mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah seiring kita membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN," tambahnya.

Khiev Sameth pun mengapresiasi dukungan dari Shopee dan Sportfive. Dia yakin Shopee Cup bakal diterima dengan baik oleh pencinta sepak bola di Asia Tenggara.

"Atas nama Dewan AFF, saya ingin menyampaikan apresiasi kami yang sebesar-besarnya atas kemitraan dan dukungan yang diberikan oleh Shopee. Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dan Mitra Komersial kami SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan basis penggemar ASEAN ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya," ucapnya.

Baca Juga:

Salip Malaysia, Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat ke Posisi 134

Persija Jakarta Belum Putuskan Tampil di Asean Club Championship 2024/2025

Shopee Cup digelar dalam format liga dengan diawali babak play-off kualifikasi dan kemudian babak penyisihan grup. Total akan ada 40 pertandingan.

Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, masing-masing berhak mengirimkan dua wakil yang diambil dari juara liga dan pemenang piala. Khusus Indonesia, karena tidak ada Piala Indonesia, maka slotnya diberikan kepada runner-up liga. PSM Makassar dan Persija Jakarta sebagai juara dan runner-up Liga 1 musim lalu sudah mendapatkan undangan mengikuti ajang ini.

Kemudian, Filipina dan Singapura, masing-masing diwakili oleh juara liga. Adapun juara Liga Nasional Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat di babak grup turnamen melalui babak play-off kualifikasi.

Nantinya, 12 klub yang memenuhi syarat akan diundi ke dalam dua grup untuk babak penyisihan grup yang digelar dengan format double round-robin, kandang-tandang. Tim peringkat pertama dan kedua dari masing-masing grup pada akhir babak penyisihan grup akan lolos ke semifinal.

Semifinal dan final juga dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Rincian lebih lanjut mengenai format kompetisi, jadwal, dan klub-klub peserta akan dirilis pada saat drawing berlangsung yang diadakan pada pekan pertama bulan Mei 2024.

AFF Persija jakarta Psm makassar Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan