Piala Asia 2023

Ada Perbedaan Level, Jordi Amat Sebut Piala Asia Bagus untuk Perkembangan Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 19 Januari 2024
Ada Perbedaan Level, Jordi Amat Sebut Piala Asia Bagus untuk Perkembangan Timnas Indonesia
Jordi Amat saat berduel udara dengan para pemain Irak. (PSSI)

BolaSkor.com - Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, bersyukur Tim Merah-Putih bisa tampil di Piala Asia 2023. Menurutnya, berlaga di turnamen selevel Piala Asia, akan menjadi sangat baik untuk perkembangan tim nasional dan sepak bola Indonesia secara umum.

"Saya ingin mengatakan turnamen ini (Piala Asia) sangat bagus, tingkatannya sangat tinggi, dan saya berharap liga di Indonesia, Malaysia, bisa mencontoh hal-hal baik di sini. Sebagai contoh rumputnya sangat bagus, kami butuh itu untuk sepak bola yang lebih baik," kata Jordi Amat.

Selain itu, di Piala Asia ini, Timnas Indonesia bisa belajar dari negara-negara yang lebih maju sepak bolanya, baik secara prestasi maupun industri. Jordi memberikan contoh Jepang dan Korea Selatan.

Menurut Jordi, apa yang dicapai Jepang dan Korea Selatan saat ini merupakan buah dari usaha mereka mengembangkan sepak bola di negaranya. Kedua tim itu kini rutin mewakili Benua Asia di Piala Dunia.

"Mereka mampu membuat keputusan yang bagus dalam 20-30 tahun belakangan ini dan itu jadi alasan mereka jadi yang teratas. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kami berkembang, tapi kami harus tetap melakukan itu, sehingga suatu hari kita bisa sampai di level tertinggi sepak bola," tutur Jordi Amat.

Baca Juga:

Prediksi Vietnam Vs Timnas Indonesia: Menang atau Pulang

Jadwal Siaran Langsung Piala Asia 2023 Vietnam Vs Timnas Indonesia Hari Ini

Jordi Amat yang juga cukup lama bermain di Eropa, mulai dari Espanyo, Rayo Vallecano, Swansea, Real Betis dan KAS Eupen, tak menampik adanya gap yang cukup jauh dengan sepak bola di Asia, khususnya Asia Tenggara.

Salah satu perbedaan mencoloknya adalah soal pendekatan sepak bola. Menurut Jordi, di Eropa, mayoritas tim fokus dengan taktik.

"Saya telah bermain lama, dan itu juga di Eropa, tentu saja ada beberapa perbedaan. Saya bisa bilang sepak bola di Eropa lebih ke taktik dan semua tim senang untuk mengontrol bola. Lalu, setelah pindah ke Asia Tenggara, sepak bolanya sangat jauh berbeda, terutama saat bermain di JDT."

"Itu adalah momen yang bahagia karena Anda bisa melihat jika ide JDT adalah untuk menampilkan sepak bola yang baik dan mereka tidak tertinggal jauh dari tim Eropa," tuturnya.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Di laga pertama, Indonesia kalah 1-3 dari Irak.

Selanjutnya, Skuad Garuda akan menantang Vietnam. Laga itu digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1) mulai pukul 21.30 WIB.

Timnas Indonesia Jordi Amat Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.470

Bagikan