Ada Faktor Kesalahan Taktikal dalam Kekalahan Telak Arema FC

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 06 Agustus 2023
Ada Faktor Kesalahan Taktikal dalam Kekalahan Telak Arema FC
Arema FC kalah 0-4 dari Barito Putera. (Media Arema FC)

BolaSkor.com - Arema FC kembali gagal mewujudkan misi untuk segera bangkit dari keterpurukan di Liga 1 2023/2024. Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Arema FC kalah dengan skor telak 0-4 menjamu Barito Putera, Sabtu (5/8).

Jika menelisik teknis permainan, rasanya tidak dipungkiri ada faktor kesalahan taktikal dalam kekalahan itu. Joko Susilo pun mengakui bahwa kekalahan 4 gol tanpa balas dari Barito Putera sungguh di luar perkiraannya.

"Evaluasi kami sebelumnya fokus di lini serang. Oleh karena itu, kami membenahinya karena ingin meraih kemenangan. Tapi ketika kami fokus menyerang, ada lubang besar di pertahanan yang kembali terjadi," tutur Pelatih Arema FC tersebut.

Baca Juga:

Hasrat Terpendam Yandi Sofyan Kembali Berseragam Timnas Indonesia

Marc Klok Sebut Persib Bandung Sudah Mulai Ada Perbaikan

Kesalahan taktikal ini lantas disadari betul olehnya. Charles Raphael dikembalikan lagi ke posisi asli sebagai gelandang bertahan dan perannya sebagai bek tengah lalu digantikan Ichaka Diarra yang baru pulih dari cedera.

Ketika itu, Barito Putera sudah unggul 3-0 hasil dari gol Gustavo Tocantins menit 13 (penalti) dan 38 serta lesakan Otavio Murilo Mendes menit 24. Sayang, keinginan mengejar ketinggalan justru memperparah keadaan, setelah Otavio Murilo Mendes mencetak gol kedua menit 73.

"Saat tertinggal 3 gol, tidak ada opsi bagi kami selain menyerang. Tapi ketika sudah berusaha memperbaiki kelemahan, gawang kebobolan lagi. Tidak ada yang harus disalahkan, karena hasil ini semua tanggung jawab pelatih," tegas Joko Susilo.

Arema FC pun kini terkunci di dasar klasemen dengan baru meraup 2 poin, dibawah Bhayangkara FC (4) dan Persebaya Surabaya (5). Peluang untuk bangkit kembali terbuka di tengah jadwal padat, karena Arema FC mesti bertandang ke markas PSIS Semarang Selasa (9/8) nanti. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi)

Arema FC Liga 1 Barito Putera
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan