7 Transfer Manchester United yang Terasa Aneh pada Era Erik Ten Hag

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 24 Januari 2024
7 Transfer Manchester United yang Terasa Aneh pada Era Erik Ten Hag
Wout Weghorst (Twitter)

BolaSkor.com - Kinerja Erik ten Hag bersama Manchester United mulai mendapatkan sorotan tajam. Apalagi, pelatih asal Belanda itu beberapa kali mengambil keputusan yang terasa aneh di bursa transfer.

Sejak menukangi Manchester United pada awal musim lalu, Erik ten Hag mendapatkan dukungan dari manajemen. Sang pelatih memiliki dana besar untuk mendatangkan pemain yang diinginkan. Selain itu, Ten Hag juga punya kekuasaan untuk mendepak pemain yang dirasa tidak dibutuhkan.

Baca Juga:

Omar Berrada, Mahasiswa Drop Out yang Menjadi CEO Baru Manchester United

Brian Brobbey Jawab Isu Pindah ke Manchester United

7 Transfer Musim Dingin Terburuk Sepanjang Masa

Namun, tidak sedikit yang akhirnya menjadi pertanyaan. Beberapa di antaranya gagal dan meninggalkan lubang dalam tim.

Berikut ini adalah tujuh transfer aneh Manchester United pada era Erik ten Hag:

Antony

Sulit untuk tidak memasukkan nama Antony pada daftar ini. Transfer The Red Devils untuk pemain sayap asal Brasil ini terasa janggal.

Sorotan utama adalah pada nilai transfer yang mencapai 95 juta euro. Manchester United menghabiskan dana yang sangat besar untuk pemain yang belum teruji lama di level tertinggi.

Hasilnya, kini Antony menjadi satu di antara pemain yang gagal bersinar. Ia belum mencetak gol atau assist pada musim kedua di Old Trafford.

Wout Weghorst

Manchester United membuat kejutan dengan mendatangakn striker veteran, Wout Weghorst pada pertengahan musim lalu. Tidak sedikit pihak yang meragukan kemampuan penyerang asal Belanda itu.

Bagi Ten Hag, Wout Weghorst adalah solusi untuk sektor gedor Manchester United. Setan Merah tidak memiliki penyerang dengan gaya main seperti Weghorst.

Namun, performa striker 31 tahun itu juga tidak impresif. Ia hanya mencetak dua gol dari 31 penampilan. Setan Merah pun mengembalikan Weghorst ke Burnley pada akhir kompetisi.

Dean Henderson

Kali ini, transfer aneh terjadi dari sisi penjualan pemain. Man United melepas kiper menjanjikan, Dean Henderson.

Dean Henderson adalah pemain jebolan akademi Manchester United. Ia menunggu lama untuk masuk dalam skuad utama Setan Merah. Henderson pun sempat dipinjamkan ke sejumlah klub, seperti Nottingham Forest dan Sheffield United.

Namun, ketika sudah menunjukkan performa gemilang, Henderson justru dijual Setan Merah. Ia menuju Crystal Palace pada awal musim ini dengan mahar 17,5 juta euro. Man United lebih percaya kepada penjaga gawang lain yang akan dibahas selanjutnya.

Andre Onana

Manchester United mengeluarkan dana hingga 50 juta euro untuk membeli Andre Onana dari Inter Milan pada awal musim ini. Sayangnya, sejauh ini Onana belum menampilkan kinerja seperti di klub sebelumnya.

Transfer Onana terasa aneh karena kondisi skuad pada sektor penjaga gawang ketika itu. Man United lebih memilih Onana daripada pemain lain yang sudah lama berbakti dan teruji.

Pada akhirnya, Onana pun mengalami kesulitan. Ketika musim baru berjalan setengahnya, Onana sudah kebobolan 47 gol bersama Setan Merah.

Jonny Evans

Transfer Jonny Evans juga mengundang banyak pertanyaan. Klub sebesar Manchester United yang punya target tinggi justru mendatangkan pemain yang sudah memasuki periode akhir kariernya.

Padahal, Man United punya banyak pilihan lain yang lebih muda dan menjanjikan.

Awalnya, Evans hanya menumpang latihan sebelum mendapatkan klub baru. Namun, Ten Hag justru terpincut dengan kemampuan sang bek.

Akhirnya, Man United memberikan kontrak untuk Evans. Sejauh ini, bek 36 tahun itu hanya menjadi pemain pelapis.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

David de Gea

Keputusan aneh Erik ten Hag lainnya di bursa transfer adalah mendepak David de Gea dari skuad utama Manchester United. Bahkan, sang kiper pergi dengan status bebas transfer.

David de Gea sudah menjadi bagian Manchester United sejak musim panas 2011. Kiper asal Spanyol itu pun perlahan, tetapi pasti menjadi andalan di bawah mistar gawang Setan Merah.

Namun, Ten Hag memutuskan De Gea tidak masuk dalam rencananya. Kini, setelah Onana bermain buruk, tidak sedikit suara yang menggaungkan kangen dengan De Gea.

Marcel Sabitzer

Transfer selanjutnya dan yang terakir dalam daftar ini adalah Marcel Sabitzer. Transfer itu menjadi buah bibir karena Sabitzer dirasa tidak cocok dengan skema permainan Manchester United.

Setan Merah meminjam Sabitzer dari Bayern Munchen pada pertengahan musim 2022-2023. Saat itu, Sabitzer bukan lagi pilihan utama baru Die Roten.

Selama memperkuat Man United pada setengah musim, Sabitzer beberapa kali mengalami cedera dan absen panjang. Man United pun akhirnya memilih tidak memermanenkan pemain asal Austria itu.

Wout Weghorst Andre Onana Antony Breaking News Manchester United Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.538

Bagikan