7 Penyerang Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2023

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 31 Desember 2023
7 Penyerang Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2023
Erling Haaland (Twitter)

BolaSkor.com - Penyerang adalah posisi yang paling sering mendapatkan sorotan dari publik. Penonton, terutamanya fans, menanti gol dari barisan penyerang di lini depan tim, baik itu dari penyerang sayap atau sentral.

Mencetak gol merupakan tugas utama penyerang, tetapi pada era sepak bola modern posisi itu juga multifungsi dengan tugas membantu tim bertahan, melakukan pressing saat tim lawan menguasai bola.

Baca Juga:

Tak Ada Kado Natal untuk Fans dari Manchester United

Chelsea, Tim yang Paling Sering Kalah Sepanjang 2023

Hasil Pertandingan: Kemenangan Chelsea dan Manchester City di Boxing Day

Kendati demikian, apapun tugas tambahan yang mereka miliki tugas mereka adalah mencetak gol. Tidak berubah. Menilik sepanjang 2023 dengan catatan penampilan musim lalu, serta separuh musim 2023-2024, berikut tujuh penyerang terbaik dunia pada 2023.

1. Erling Haaland (Manchester City)

52 gol di seluruh kompetisi pada musim 2022-2023, musim debutnya di Premier League dan Manchester City, sudah jadi bukti sahih kualitas Erling Haaland. Terlebih, ia berkontribusi besar mengukir sejarah treble winners dengan The Citizens.

Pada usia 23 tahun Haaland masih bisa berkembang mencapai level terbaik dunia, terlebih ia dilatih Pep Guardiola yang notabene pelatih top Eropa. Keran golnya berlanjut musim ini dan jika dapat mencapai konsistensi bermain, kelak Haaland dapat memenangi Ballon d'Or.

2. Harry Kane (Bayern Munchen)

Konsisten mendulang gol untuk Tottenham Hotspur selama bertahun-tahun sampai pada titik ia memutuskan pindah pada 2023. Harry Kane gabung Bayern Munchen dengan peluang besar memenangi trofi.

Pada usia 30 tahun, Kane sudah pergi meninggalkan Tottenham dengan status legenda sekaligus top skorer sepanjang masa. Torehan golnya terjaga dengan 25 gol dari 22 laga dengan Bayern di seluruh kompetisi sejauh ini.

Apabila Haaland striker oportunis, Kane juga demikian dengan kemampuan membangun serangan dan memberikan assist.

3. Robert Lewandowski (Barcelona)

Pendahulu Kane di Bayern Munchen dan pergi meninggalkan klub sebagai legenda, setelah meraih sukses besar di sana. Pada usia 35 tahun saat ini, Robert Lewandowski masih berada di urutan teratas penyerang top Eropa.

Penampilannya berkurang musim ini karena cedera, tetapi Lewandowski tetap striker tajam dalam melihat peluang dan mengonversinya jadi gol.

4. Victor Osimhen (Napoli)

Membawa Napoli mengakhiri penantian Scudetto dan menjadi top skorer tim, tidak heran nama Victor Osimhen laris manis pada bursa transfer musim panas 2023. Osimhen relatif muda pada usia 25 tahun dan salah satu penyerang top Eropa.

Bahkan, di musim 2023-2024 kala Napoli tak konsisten dilatih Rudi Garcia lalu Walter Mazzari, Osimhen dapat mencetak delapan gol dari 18 pertandingan. Cepat atau lambat striker timnas Nigeria berpeluang pindah ke klub besar Eropa lainnya.

5. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

Tidak mungkin untuk tidak memasukkan nama yang satu ini. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) kerap disandingkan dengan Haaland, berpotensi jadi rival berikutnya yang menggantikan rivalitas Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi.

Kapten timnas Prancis telah menorehkan 21 gol dari 22 laga musim ini. Kerap beroperasi di sisi sayap, Mbappe juga kerapkali bergerak di sisi sayap dengan lincah serta mata elang dalam urusan mencetak gol.

6. Lautaro Martinez (Inter Milan)

Musim lalu membawa Inter Milan juara Coppa Italia, Piala Super Italia, setelah juara Piala Dunia 2022 dengan timnas Argentina. Performa Lautaro Martinez musim ini bahkan lebih baik.

Penyerang berusia 26 tahun mencetak 17 gol dari 23 laga di seluruh kompetisi musim ini. Martinez juga kapten Il Nerazzurri yang memimpin lini depan.

7. Cristiano Ronaldo (Al Nassr)

Pada 27 Desember 2023, statistik menuturkan apabila Cristiano Ronaldo menorehkan 53 gol dari 58 pertandingan. Itu menjadikannya pencetak gol terbanyak di seluruh kompetisi pada 2023 sejauh ini.

Catatan pemain berusia 38 tahun itu di atas Kane dan Mbappe (52 gol) serta Haaland (50 gol). Menilik usianya tersebut, meski ia bermain di Al Nassr dengan level kompetisi yang berbeda dengan Eropa, catatan gol Ronaldo cukup menarik. Ia masih salah satu penyerang top di dunia pada 2023.

Trivia Sepak Bola Harry Kane Cristiano Ronaldo Lautaro martinez Erling Haaland
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan