7 Pemain U-21 Termahal Dunia Saat Ini

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 23 April 2024
7 Pemain U-21 Termahal Dunia Saat Ini
Pedri dan Gavi (Twitter)

BolaSkor.com - Generasi baru sepak bola dunia bermunculan. Era Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah berakhir. Kini, Erling Haaland, Kylian Mbappe, hingga Vinicius Junior memimpin generasi muda berbakat di Eropa.

Bahkan, ada pemain-pemain pada kategori U-21 yang sudah menjadi buah bibir (bahan pembicaraan) di Eropa karena bakat mereka yang menonjol. Tidak jarang juga di antara mereka telah berkontribusi besar atas sukses klub.

Menilik dari Transfermarkt, ada tujuh pemain U-21 yang saat ini memiliki nilai pasar tertinggi di dunia, dan bukan tidak mungkin, seiring perkembangan level bermain mereka, nilai atau banderol pemain-pemain tersebut meningkat. Siapa saja?

1. Jude Bellingham (180 Juta Euro)

Harganya terus meningkat sejak pindah ke Real Madrid pada musim panas 2023. Uang yang diberikan ke Borussia Dortmund sebesar 103 juta euro relatif murah jika melihat kontribusinya di musim debut.

Jude Bellingham, 20 tahun, menjadi top skorer Madrid - meski ia bukan penyerang melainkan gelandang. Bellingham mencetak 21 gol dan memberikan 10 assists dari 36 laga di seluruh kompetisi. Tidak heran ia punya nilai sebesar 180 juta euro.

2. Florian Wirtz (110 Juta Euro)

Bayer Leverkusen acapkali mengorbitkan pemain-pemain berbakat. Di masa lalu ada Toni Kroos, Arturo Vidal, Kevin Kampl, Christoph Kramer, Benjamin Henrichs, hingga Kai Havertz yang beberapa waktu lalu merantau dan berkarier di Inggris.

Selepas kepergian Havertz ada gelandang serang berusia 20 tahun, Florian Wirtz, yang namanya kini jadi pembicaraan di Eropa. Wirtz sudah membukukan 17 gol dan memberikan 19 assists dari 43 laga di seluruh kompetisi musim ini.

Pada periode tersebut, Leverkusen arahan Xabi Alonso tak terkalahkan dan mengukir sejarah juara Bundesliga untuk kali pertama dalam sejarah 120 tahun klub berdiri. Cepat atau lambat, Wirtz berpotensi main di klub besar Eropa lainnya.

3. Jamal Musiala (110 Juta Euro)

Rentetan 11 keberhasilan juara Bundesliga beruntun Bayern Munchen berakhir, tetapi di dalam skuad Bayern masih memiliki pemain-pemain berkualitas, juga pemuda berbakat. Dia adalah Jamal Musiala.

Gelandang serang berusia 21 tahun sudah berpengalaman di level top Eropa, juga bersama timnas Jerman. Musiala punya kemampuan teknik mendribel bola, visi bermain, yang jadi momok pertahanan lawan.

Nilai pasarnya sebesar 110 juta euro dan Musiala musim ini telah membukukan 12 gol, memberikan tujuh assists, dari 36 laga Bayern di seluruh kompetisi.

4. Gavi (90 Juta Euro)

Talenta dari La Masia tidak pernah berakhir. Bahkan di masa sulit Barcelona terkait kesulitan finansial, klub mengorbitkan nama-nama yang dapat jadi tulang punggung di masa depan seperti Lamine Yamal, Pau Cubarsi, Gavi, Pedri, dan Ansu Fati yang kini dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion.

Gavi, 19 tahun, jadi pemain muda termahal pada kategori ini dengan nilai sebesar 90 juta euro. Terkenal dengan semangat bermainnya yang berapi-api, Gavi gelandang petarung dan enerjik yang dibutuhkan lini tengah Barcelona untuk jangka panjang.

5. Eduardo Camavinga (90 Juta Euro)

Real Madrid hanya mengeluarkan 31 juta euro kala merekrutnya pada 2021 dari Stade Rennais, kini nilai pasarnya mencapai 90 juta euro. Eduardo Camavinga, 21 tahun, gelandang bertahan yang juga memiliki kemampuan baru bermain sebagai bek kiri di bawah arahan Carlo Ancelotti.

Camavinga punya kemampuan teknik bagus dalam menahan bola, merebut bola, juga kekuatan untuk melakoni duel perebutan bola. Ia bagian dalam proyek jangka panjang Madrid.

6. Pedri (80 Juta Euro)

Bersama Gavi, Pedri juga diplot untuk proyek jangka panjang Barcelona. Pedri, dengan nilai pasar mencapai 80 juta euro, acapkali dibandingkan dengan legenda Barcelona, Andres Iniesta, dengan kemampuannya mendribel bola.

Bola terkesan lengket pada kaki pemain berusia 21 tahun saat coba mendribelnya melewati lawan. Visi bermain Pedri juga bagus. Pada usia tersebut, Pedri sudah punya pengalaman internasional dengan timnas Spanyol.

7. Xavi Simons (80 Juta Euro)

Produk La Masia yang pindah ke akademi Paris Saint-Germain (PSG), promosi ke tim utama, dan melalui perjalanan bersama PSV Eindhoven, PSG, hingga dipinjamkan ke RB Leipzig sebelum kembali ke PSG pada Juni 2024.

Pemain berpaspor Belanda berusia 21 tahun punya nilai transfer 80 juta euro dan berposisi sebagai gelandang serang.

Trivia Sepak Bola Jude Bellingham Real Madrid Florian Wirtz Jamal Musiala Gavi Pedri Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.230

Bagikan