7 Laga Boxing Day Terbaik Sepanjang Masa

Arief HadiArief Hadi - Senin, 25 Desember 2023
7 Laga Boxing Day Terbaik Sepanjang Masa
Arsenal melawan Leicester City pada Boxing Day 2000 (Twitter)

BolaSkor.com - Memasuki tanggal 25 Desember setiap tahunnya menjadi hari yang spesial bagi umat Kristiani di dunia, memperingati hari kelahiran Yesus Kristus, pada hari Natal. Cerita dalam dua tahun terakhir pun cukup menarik.

Pada 2021 pandemi virus corona masih ada di dunia, sementara pada 2022 kondisinya membaik tetapi ada Piala Dunia yang dihelat di Qatar pada November hingga Desember. Dengan dua cerita berbeda tersebut, sepak bola di Inggris tak melupakan budaya mereka: Boxing Day.

Boxing Day merupakan istilah untuk pertandingan yang tetap berlangsung satu hari setelah Natal (bukan hari bertinju). Boxing Day itu juga memastikan Premier League memasuki periode sibuk hingga Tahun Baru.

Baca Juga:

Tak Ada Kado Natal untuk Fans dari Manchester United

West Ham 2-0 Manchester United: Red Devils Tanpa Kemenangan di Tiga Laga Beruntun

Wolverhampton 2-1 Chelsea: The Blues Kalah Lagi di Markas Lawan

Kendati mendapatkan pro kontra karena menambah jumlah laga, yang dimainkan dalam waktu berdekatan, dan berpotensi membuat pemain cedera, Boxing Day tetap jadi budaya yang tidak bisa dihilangkan di sepak bola Inggris.

Sejarah pun mencatatkan laga-laga terbaik sepanjang masa pada Boxing Day. Apa saja laga tersebut?

1. Sheffield Wednesday 3-3 Man United (1992)

Man United sempat mendominasi Premier League di era Sir Alex Ferguson. Tapi mereka juga pernah membangun skuad dan musim 1992-1993 salah satunya. Man United menyambangi markas Sheffield Wednesday di Boxing Day.

Sheffield secara mengejutkan mampu unggul jauh 3-0 dari gol David Hirst, Mark Bright, dan John Sheridan. United bangkit melalui dua gol Brian McClair dan satu gol Eric Cantona. Laga itu jadi fondasi penting untuk United.

2. Newcastle 7-1 Tottenham (1996)

Dipimpin oleh Gerald Ashby di St James Park, pembantaian terjadi di markas Newcastle United yang menghasilkan kemenangan 7-1 atas Tottenham Hotspur. Alan Shearer, Les Ferdinand, dan Rob Lee masing-masing mencetak dua gol dan satunya lagi oleh Philippe Albert.

Pada medio 1990-an Newcastle memang terkenal sebagai tim yang kerap bersaing di papan atas klasemen. Apalagi mereka punya striker legendaris Inggris Alan Shearer, yang kini jadi pandit sepak bola.

3. Arsenal 7-3 Newcastle (2012)

Masih di tahun yang sama di laga lainnya yang dihelat di Emirates Stadium. Winger asal Inggris, Theo Walcott menjadi bintang pertandingan dengan hat-trick gol serta dua assists.

Empat gol lainnya dilesakkan oleh Alex Oxlade-Chamberlain, Lukas Podolski, dan dua gol Olivier Giroud. Sedangkan tiga gol Newcastle lahir dari dua gol Demba Ba serta satu gol Sylvain Marveaux.

Alan Pardew, pelatih Newcastle berdalih kekalahan itu terjadi karena timnya kelelahan. Apapun itu drama 10 gol di Emirates Stadium merupakan hiburan bagi fans.

4. Chelsea 4-4 Aston Villa (2007)

Mundur pada 2007 dan lagi-lagi papan skor berakhir dengan banyaknya gol yang tercipta. Laga dihelat di Stamford Bridge antara Chelsea melawan Aston Villa. Pertandingan berakhir dengan total delapan gol, tiga kartu merah, dua penalti, dan drama ganti-gantian mencetak gol.

Empat pencetak gol Chelsea lahir dari dua gola Andriy Shevchenko, Alex, dan Michael Ballack. Sedangkan empat gol Villa dilesakkan Shaun Maloney (dua gol), Martin Laursen, dan Gareth Barry dari penalti.

5. Manchester United 4-3 Newcastle (2012)

Pertarungan sengit terjadi pada Boxing Day 2012. Kala itu, Man United menjamu Newcastle United di Old Trafford. Gol sudah tercipta pada menit keempat. James Perch membawa Newcastle unggul 1-0.

Jonny Evans kemudian mencatatkan namanya di papan skor dua kali. Tapi satu golnya itu bukan hanya untuk timnya, tapi juga untuk tim lawan alias bunuh diri. Dalam kurun waktu tiga menit kedua gol Evans itu terjadi.

Kemudian, Patrice Evra mencetak gol pada menit ke-58 dan membawa Ma United menyamakan kedudukan. Namun, 10 menit berselang, tim tamu kembali unggul melalui gol Papiss Cisse.

Tertinggal, Man United meningkatkan intensitas serangan. Robin van Persie mencatatakan namanya di papan skor pada menit ke-71. Gol penentu kemenangan pun datang di menit 94 dari gol Javier "Chicharito" Hernandez.

Pada akhir musim 2012-2013 United juara Premier League ke-20 dan itu jadi musim terakhir Sir Alex Ferguson melatih klub.

6. Arsenal 6-1 Leicester City (2000)

Laga yang berkesan pada 2000 kala Thierry Henry mencatatkan hat-trick pertamanya di Premier League, pada laga ke-50 saat Arsenal menang 6-1 atas Leicester City.

Tiga gol dari Henry dipermanis dengan gol dari Patrick Vieira, Tony Adams, dan Freddie Ljungberg yang diperkecil gol dari Ade Akinbiyi. Kala itu, Arsenal dalam perburuan titel Premier League.

7. Seluruh Laga Boxing Day pada 1963

Pada poin terakhir ini, seluruh 10 pertandingan dimainkan di Boxing Day dan skor akhirnya pun sangat mencolok. Itu terjadi pada 1963 kala 66 gol tercipta pada 10 laga, dengan Fulham mencetak 10 gol, Blackburn Rovers delapan gol, dan Burnley membantai Manchester United dengan skor 6-1.

Berikut laga-laga Boxing Day pada 1963:

Blackpool 1-5 Chelsea
Burnley 6-1 Manchester United
Fulham 10-1 Ipswich Town
Leicester City 2-0 Everton
Liverpool 6-1 Stoke City
Nottingham Forest 3-3 Sheffield United
Sheffield Wednesday 3-0 Bolton
West Brom 4-4 Tottenham
West Ham 2-8 Blackburn
Wolves 3-3 Aston Villa

Trivia Sepak Bola Boxing day Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan