7 Kejadian Menarik Babak Semifinal Piala AFF 2022

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 11 Januari 2023
7 Kejadian Menarik Babak Semifinal Piala AFF 2022
Pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo menendang botol di depan Shin Tae-yong, saat melawan Timnas Indonesia di SUGBK, Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Piala AFF 2022 memasuki babak final. Dua tim terbaik yang melaju ke babak final adalah Vietnam dan Thailand.

Vietnam menyingkirkan Indonesia dengan agregat 2-0. Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 0-2, pada semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, Senin (9/1). Skuat Garuda kalah agregat 0-2, setelah pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1), main imbang tanpa gol.

Baca Juga:

Hasil Piala AFF 2022: Gilas Malaysia 3-0, Timnas Thailand Ladeni Vietnam di Final

Hasil Piala AFF 2022: Kalah 0-2 dari Vietnam, Timnas Indonesia Terhenti di Semifinal

Sementara itu, Thailand melaju ke final Piala AFF 2022, setelah mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-1.

The War Elephants kalah lebih dahulu dari Malaysia 0-1 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (7/1). Tiga hari kemudian, Thailand menang 3-0 atas Malaysia di Thammasat Stadium.

Ada beberapa kejadian menarik selama fase semifinal. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Park Hang-seo Tak Mau Salaman dengan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong
Pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo menendang botol di depan Shin Tae-yong, saat melawan Timnas Indonesia di SUGBK, Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Ada pemandangan menarik saat Timnas Indonesia ditahan imbang tanpa gol lawan Vietnam. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diabaikan juru racik formasi Vietnam, Park Hang-seo.

Shin Tae-yong yang ingin bermasalaman dengan Park Hang-seo diabaikan saat setelah pertandingan. Apa yang sebenarnya terjadi di antara keduanya? Ternyata Park Hang-seo mengakui ada masalah pribadi dengan Shin Tae-yong.

“Ini adalah masalah pribadi, kenapa Anda (wartawan) bertanya di sini? Tapi ya, antara kami berdua ada beberapa isu (masalah pribadi) dan beberapa alasan,” kata Park Hang-seo dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Jumat (6/1).

Sementara itu, Shin Tae-yong hanya bersikap dingin saat ditanya salamannya diabaikan Park Hang-seo.

“Coba tanya saja Park Hang-seo,” tegasnya.

2. Doan Van Hau, Momok Timnas Indonesia

Doan Van Hau
Aksi winger Timnas Indonesia, Yakob Sayuri saat melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Pemain timnas Vietnam, Doan Van Hau menjadi momok Timnas Indonesia pada laga semifinal Piala AFF 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut pemain Vietnam Doan Van Hau seharusnya mendapat kartu merah. Ini setelah sang pemain menekel dengan keras Dendy Sulistyawan.

Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 lawan Vietnam, pada Laga leg pertama Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB.

Dalam laga tersebut, ada insiden terjadi di menit ke-54. Van Hau menekel keras Dendy. Namun, wasit tidak memberikan kartu sama sekali untuk pemain berusia 23 tahun tersebut. Para pemain Timnas Indonesia melancarkan protes kepada wasit, hingga pertandingan sempat terhenti beberapa saat.

Pada leg kedua semifinal, Doan Van Hau terus memprovokasi Timnas Indonesia. Buruknya, pemain Skuat Garuda terpancing. Namun, Doan Van Hau mendapat kartu kuning usai menyikut Asnawi Mangkualam Bahar.

Kegemilangan Doan Van Hau mengantarkan Vietnam melaju ke babak final Piala AFF 2022, setelah mengalahkan Timnas Indonesia 2-0 di My Dinh Stadium, Senin (9/1).

3. Timnas Indonesia Tersingkir, Vietnam Patahkan Rekor 26 Tahun dari Skuat Garuda

Vietnam
Vietnam. (VFF)

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 0-2, pada semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, Senin (9/1). Skuat Garuda kalah agregat 0-2, setelah pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1), main imbang tanpa gol.

Kemenangan atas Indonesia merupakan kemenangan spesial bagi Vietnam. Ini menjadi kemenangan pertama The Golden Stars sejak 26 tahun lalu atas Indonesia di ajang Piala AFF.

4. Thailand Melaju ke Final

Thailand
Thailand. (FAT)

Thailand melaju ke final Piala AFF 2022, setelah mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-1.

The War Elephants kalah lebih dahulu dari Malaysia 0-1 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (7/1). Tiga hari kemudian, Thailand menang 3-0 atas Malaysia di Thammasat Stadium.

5. Teerasil Dangda Terus Mencetak Gol

Teerasil Dangda
Selebrasi gol Teerasil Dangda di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (ThailandNTOfficial)

Teerasil Dangda terus menambah pundi-pundinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala AFF. Ia sudah mencetak 25 gol saat ini dari lima edisi Piala AFF.

Terbaru, ia mencetak satu dari tiga gol kemenangan Thailand atas Malaysia, pada semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di Thammasat Stadium, Selasa (10/1).

Rincian Gol Teerasil Dangda di Piala AFF:

Piala AFF 2008: 4 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2012: 5 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2016: 6 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2020: 4 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2022: 6 Gol Sejauh Ini

Uniknya, Teerasil Dangda hanya tak bisa membobol gawang Timnas Indonesia di fase Grup A Piala AFF 2022. Ia mencetak gol ke gawang Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Malaysia.

6. Vietnam Belum Kebobolan

Vietnam
Nguyen Tien Linh berduel dengan Jordi Amat. (AFF Cup)

Vietnam melaju ke final sebagai tim yang belum kebobolan sama sekali. Vietnam menang atas Laos (6-0), Malaysia (3-0), dan Myanmar (3-0), serta imbang 0-0 lawan Singapura di babak penyisihan.

Di babak semifinal, Vietnam menang agregat atas Timnas Indonesia 2-0. Total The Golden Stars mencetak 14 gol.

7. Marc Klok Tolak Jabat Tangan Doan Van Hau

Doan Van Hau
Pemain Vietnam, Doan Van Hau hanya mendapat teguran dari wasit, usai menekel keras Dendy Sulistyawan, saat melawan Timnas Indonesia di SUGBK, Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi

Perilaku pemain timnas Vietnam, Doan Van Hau terus mendapat sorotan dari penggawa Timnas Indonesia.

Marc Klok bahkan enggan bersalaman dengan Doan Van Hau. Padahal pemain Vietnam itu sudah mengulurkan tangan.

Timnas Indonesia Thailand Timnas Thailand Vietnam Timnas vietnam Malaysia Timnas malaysia Shin Tae-yong Park Hang-seo Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.694

Bagikan