7 Gelandang Terbaik Sepanjang 2023

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 30 Desember 2023
7 Gelandang Terbaik Sepanjang 2023
Kevin De Bruyne (Twitter)

BolaSkor.com - Artikel pemain terbaik pada 2023 versi BolaSkor berlanjut ke posisi gelandang. Kali ini, BolaSkor akan menyajikan tujuh gelandang terbaik sepanjang 2023.

Lini tengah menjadi area pertempuran sesungguhnya untuk memenangi laga. Biasanya, tim yang menguasai sektor tengah akan lebih mudah untuk menang.

Tidak heran, diperlukan gelandang-gelandang papan atas untuk memenangi pertempuran tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya yang berhasil impresif sepanjang 2023:

Baca juga:

Kuda Hitam Itu Bernama Bologna

Analisis – Sepak Bola Menghibur ala Xabi Alonso di Bayer Leverkusen

Profil Micah Hamilton, Anak Gawang yang Kini Jadi Bintang

Alexis Mac Allister

Tahun 2023 menjadi periode cemerlang bagi Alexis Mac Allister. Ia menjelma menjadi satu di antara gelandang terbaik di dunia

Pada akhir tahun sebelumnya, Mac Allister sudah membawa tim nasional Argentina meraih trofi Piala Dunia. Meskipun awalnya hanya menjadi pemain pelapis, tetapi Mac Allister tidak membuang kesempatan ketika mendapatkan kepercayaan.

Performa bersama Brighton juga tidak kalah cemerlang. Walhasil, Liverpool berani mengucurkan 42 juta euro untuk menggaetnya pada awal musim ini.

Kevin De Bruyne

Sulit untuk menghapus Kevin De Bruyne dalam daftar ini. Pemain asal Belgia itu adalah otak di balik serangan berbahaya Manchester City.

Kevin De Bruyne berperan besar dalam keberhasilan The Citizens merengkuh treble winner pada musim lalu. De Bruyne menjalankan perannya sebagai pengatur serangan dengan baik.

Meskipun pada musim ini sempat diganggu cedera, tetapi Kevin De Bruyne jelas masuk dalam daftar atas gelandang yang bersinar pada 2023.

Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan menutup kisahnya di Manchester City dengan manis. Ia membawa The Citizens meraih trofi Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Meski tidak muda lagi, tetapi Gundogan mengandalkan jam terbang untuk bersaing dengan gelandang lainnya. Ia juga tidak jarang menjadi kartu as ketika Man City sedang kesulitan.

Kini, pemain asal Jerman itu hengkang menuju Barcelona. Gundogan pun masih menjadi andalan di klub barunya.

Rodri

Pindah dari Atletico Madrid ke Manchester City adalah keputusan yang tepat dalam karier Rodri. Sebab, kemampuannya terus ditempa untuk menjadi gelandang terbaik dunia.

Seperti pemain Man City lainnya dalam daftar ini, Rodri juga punya peran vital dalam perjalanan memenangi treble winner. Bahkan, Rodri adalah pencetak gol kemenangan The Citizens di laga final Liga Champions melawan Inter.

Kini, Rodri semakin menjadi gelandang yang lengkap. Tidak hanya menjaga kedalaman, ia juga memiliki senjata lain, yakni mencetak gol dan memberikan assist. Pada musim ini, ia mencatatkan 3 gol dan 3 assist dalam 14 laga Premier League.

Martin Odegaard

Martin Odegaard merupakan nakhoda bagi permainan Arsenal. Sang gelandang bertugas mengalirkan bola dari belakang ke depan. Ia menjalankan tugas itu dengan brilian pada 2023.

Permainan Odegaard semakin matang. Ia terlihat cair dalam taktik yang diterapkan Mikel Arteta.

Pada musim lalu, Odegaard unjuk gigi dengan mencetak 15 gol di Premier League. Performa tersebut berlanjut pada musim ini dengan telah mengemas tujuh gol di berbagai ajang.

Nicolo Barella

Nicolo Barella terpilih sebagai gelandang terbaik Serie A pada musim lalu. Penghargaan itu sudah cukup menjadi bukti jika Barella memang menunjukkan kualitasnya pada 2023.

Barella punya peran sentral untuk Inter Milan. Ia adalah gelandang yang punya mobilitas tinggi dan kecepatan.

Selain itu, Barella dikenal sebagai gelandang yang bermain konsisten. Ia sangat jarang bermain angin-anginan pada setiap laga. Tidak heran, Barella membawa Inter meraih gelar Coppa Italia, Piala Super Italia, dan menembus final Liga Champions.

Gavi

Meski masih 19 tahun, tetapi Gavi sudah menjadi tulang punggung Barcelona di lini tengah. Gavi membawa Barca meraih titel LaLiga musim lalu.

Gavi bermain dalam 49 pertandingan pada musim lalu. Jumlah tersebut cukup banyak untuk pemain yang baru diorbitkan dari tim akademi. Pada sisi lainnya, fakta tersebut menjadi bukti jika Gavi memang menjadi andalan Xavi Hernandez.

Sayangnya, ia mengalami cedera panjang pada musim ini. Meski demikian, apa yang telah ditorehkan Gavi sebelumnya pada tahun ini akan tetap sulit disamai oleh pemain tengah lainnya.

Kevin De Bryune Trivia Sepak Bola Breaking News Gavi Nicolo Barella Martin Odegaard Rodri Ilkay gundogan Alexis Mac Allister
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan