5 Potensi Pelabuhan Baru Jose Mourinho Usai Dipecat AS Roma

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 Januari 2024
5 Potensi Pelabuhan Baru Jose Mourinho Usai Dipecat AS Roma
Erick Thohir bersama Jose Mourinho (Twitter)

BolaSkor.com – Tiga tahun karier kepelatihan Jose Mourinho dengan AS Roma telah berakhir. Manajemen mengambil keputusan melakukan perubahan, memecat pelatih asal Portugal yang sudah mempersembahkan titel UEFA Conference League.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan usahanya sejak kedatangannya di klub,” ucap Dan dan Ryan Friedkin, mewakili pemilik Roma.

"Kami mendoakan yang terbaik bagi Jose dan asistennya dalam upaya mereka di masa depan. Pembaruan lebih lanjut mengenai staf pelatih tim utama yang baru akan segera menyusul."

Baca Juga:

Siklus Berlanjut, Jose Mourinho Dipecat AS Roma

Enam Kali Bertemu, Jose Mourinho Tak Pernah Menang Melawan Stefano Pioli

Dipecat AS Roma, Akumulasi Pesangon Jose Mourinho Mencapai Rp1,6 Triliun

Menarik untuk dinanti di mana Mourinho berlabuh setelah dipecat Roma. Meski metode kepelatihannya dinilai sudah uzur, faktanya ia pernah membesut klub-klub besar Eropa seperti Chelsea, Real Madrid, Inter Milan, dan Manchester United.

Menilik informasi dari Mirror, BolaSkor.com coba menjabarkan potensi pelabuhan baru pelatih yang pernah menjuluki dirinya The Special One tersebut:

1. Saudi Arabia (Saudi Pro League)

Saat ini Liga Pro Saudi menjadi pontesi besar bagi Mourinho untuk bekerja bersama dengan pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, Karim Benzema, dan lainnya. Apabila Mourinho memutuskan untuk bergabung, maka potensi gaji besar akan diterimanya di sana.

Bahkan ia bisa mendapatkan gaji tahunan sekitar 27 juta dolla atau setara Rp422 miliar. Dengan nominal yang bukan kaleng-kaleng membuat siapa pun tergiur akan tawarannya.

Mourinho pada 2023 pernah memberikan pernyataan bahwa suatu saat nanti ia akan pergi ke Arab untuk bekerja, namun tidak tahu kapan.

Apakah tahun ini adalah suatu kesempatan emas bagi Mourinho?

2. Newcastle United (Premier League)

Premier League bukan liga yang asing bagi Mourinho, yang pernah melatih Chelsea, Man United, dan Tottenham Hotspur. Jadi, melatih kembali di Premier League bukan hal yang mustahil terjadi untuk Mourinho.

Tidak hanya itu, pemilik Newcastle United mempunyai ambisi yang sangat besar di Eropa dan Mourinho punya pengalaman besar untuk menangani klub, kendati saat ini tim dilatih oleh Eddie Howe.

3. FC Porto (Portugal)

Klub satu ini bisa jadi pilihan Mourinho untuk bergabung. Apalagi Porto pernah dua kali menjuarai Liga Champions 1987 dan tahun 2004 di bawah arahannya dan satu kali menjuarai Piala UEFA 2003.

Walaupun gajinya tidak sebesar Liga Pro Saudi, sedikit orang di Portugal yang tidak begitu mempersalahkan Mourinho untuk menjadi pelatih lagi. Mourinho sudah meraih sukses besar di lima liga top Eropa, jadi kembali ke Portugal selalu jadi opsi.

4. Timnas Indonesia

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh Mourinho, ada potensi Timnas Indonesia tertarik untuk merekrut Mourinho, terlebih kontrak Shin Tae-yong akan segera berakhir. Belum ada indikasi kontraknya diperpanjang.

Tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia sepak bola. Terutamanya jika mengingat Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, merupakan mantan Presiden Inter Milan, klub yang spesial bagi Mourinho yang pernah meraih treble winners pada 2010.

5. Napoli

Napoli belum memiliki pelatih baru pasca Luciano Spalletti pergi, setelah memenangi Scudetto (mengakhiri penantian 33 tahun trofi). Penggantinya, Rudi Garcia, dipecat di tengah musim dan Napoli kini dilatih Walter Mazzarri, pelatih interim.

Oleh karenanya, potensi Aurelio De Laurentiis, Presiden Napoli, menunjuk Mourinho sebagai pelatih untuk musim depan berpotensi besar terjadi. Serie A sudah sangat dikenal Mourinho karena sebelumnya juga pernah melatih Inter.

Penulis: Putri Larasati

Jose Mourinho Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Napoli SSC Napoli Newcastle United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan