5 Pemain yang Pernah Membela Barcelona dan Atletico Madrid

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 01 Desember 2023
5 Pemain yang Pernah Membela Barcelona dan Atletico Madrid
Antoine Griezmann dan Joao Felix (Twitter)

BolaSkor.com - Pekan 15 LaLiga 2023-2024 akan menghadirkan laga besar di antara dua tim petarung titel liga, Barcelona dan Atletico Madrid. Barcelona, juara bertahan LaLiga, akan menjamu Atletico di Estadi Olimpic Lluis Companys, Senin (04/12) pukul 03.00 dini hari WIB.

Pertandingan nanti semakin menarik karena kedua tim sama-sama mengoleksi 31 poin, berada di urutan tiga dan empat klasemen. Atletico juga selayaknya diwaspadai Barcelona, sebab musim ini mereka sudah mengalahkan rival sekota, Real Madrid.

Los Blancos yang juga jadi kandidat juara kalah 1-3 di markas Atletico, menjadikan sejauh ini satu-satunya kekalahan Madrid di liga.

Baca Juga:

Manchester City 1-1 Liverpool: Akhir Catatan 23 Kemenangan Beruntun The Citizens

Wajar jika Posisi Xavi di Barcelona Dapat Sorotan Tajam

Pertama Kali Sejak Lionel Messi Pergi, Barcelona Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Berbicara mengenai pertemuan Barcelona dengan Atletico, cukup banyak pemain yang pernah membela kedua tim, bahkan saat ini dalam skuad Barcelona dan Atletico. Siapa saja pemain-pemain tersebut?

1. Joao Felix

Rekor transfer Atletico kala klub merekrutnya dari Benfica pada 2019 sebesar 126 juta euro. Felix, meski sempat memenangi LaLiga dengan Atletico, faktanya tidak menjalani kariernya dengan mulus bersama klub.

Felix, 24 tahun, masih berstatus pemain Atletico sampai saat ini. Tapi dalam kurun waktu setahun (2023), Felix dipinjamkan ke Chelsea dan saat ini dengan Barcelona.

Performanya membaik di Barcelona arahan Xavi Hernandez dan bukan tak mungkin klub mempermanenkan kontraknya, meski faktanya Atletico masih memiliki kontrak penuh Felix.

2. Antoine Griezmann

Seperti halnya Felix yang berposisi sebagai penyerang, begitu juga Antoine Griezmann yang mengalami transformasi peran dari penyerang sayap menjadi striker tengah, bisa juga bermain sebagai gelandang serang.

Pada usia 32 tahun, permainan Griezmann kian dewasa dengan mindset kolektivitas (bermain demi kepentingan tim). Griezmann pernah membela Atletico selama dua periode (2014-2019 dan 2021 sampai saat ini).

Di tengah dua periode tersebut, Griezmann direkrut mahal oleh Barcelona era Josep Maria Bartomeu. Segalanya tak berjalan baik di sana, meski Griezmann pernah memenangi satu Copa del Rey dengan Barcelona.

Griezmann pun kembali ke Atletico pada 2021, awalnya sebagai pemain pinjaman, dan pada 2022 dilepas permanen. Pengalaman kesuksesannya dengan Atletico dan timnas Prancis dapat bermanfaat bagi skuad arahan Diego Simeone.

3. Memphis Depay

Gabung Atletico pada musim panas 2023 setelah dua tahun membela Barcelona. Memphis Depay, 29 tahun, diandalkan Simeone pada posisi sayap terlebih ia juga dapat ditempatkan sebagai penyerang kedua.

Menilik permainan Atletico yang mengandalkan serangan balik, Depay cocok dengan permainan tersebut karena memiliki kecepatan. Pemain timnas Belanda memiliki pengalaman besar yang dapat membantu Atletico merebutkan titel liga.

4. David Villa

Legenda sepak bola Spanyol yang sukses bersama timnas, begitu juga kala membela Barcelona (2010-2013) dan Atletico (2013-2014). Villa sangat sukses dengan Spanyol dan Barcelona, tetapi bersama Atletico lebih menarik lagi.

Villa hanya butuh semusim untuk langsung memberikan titel LaLiga kepada Atletico, pertama sejak 1996, dan ia menorehkan 13 gol liga dari 36 laga. Atletico juga mencapai final LLiga Champions sebelum kalah dari Madrid. Villa sempat membela Vissel Kobe (2019-2020) sebelum pensiun.

5. Luis Suarez

Penyerang tajam yang pernah jadi bagian trisula maut Barcelona bersama Neymar dan Lionel Messi. Luis Suarez membela Barcelona selama enam tahun (2014-2020) sebelum gabung Atletico pada 2020, pergi pada 2022 ke Nacional dan kini membela Gremio pada usia 36 tahun.

Seperti Villa, Suarez juga berkontribusi memberikan titel LaLiga kepada Atletico (2020-2021) setelah meraih sukses besar dengan Barcelona.

Selain lima nama tersebut ada lima pemain lainnya yang juga pernah membela Barcelona dan Atletico yakni: Sergio Aguero, Bernd Schuster, Arda Turan, Luis Garcia, dan Marcos Alonso.

LaLiga Barcelona FC Barcelona Atletico Atletico Madrid Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.190

Bagikan