5 Pemain yang Aksinya Layak Dinantikan di Piala Afrika 2023

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 11 Januari 2024
5 Pemain yang Aksinya Layak Dinantikan di Piala Afrika 2023
Sadio Mane dan Mohamed Salah (Twitter)

BolaSkor.com - 2024 dimulai dan pada Januari fans sepak bola dunia sudah disuguhkan dengan banyak hal dari bursa transfer musim dingin, keseruan lima liga top Eropa, hingga dua turnamen besar: Piala Asia dan Piala Afrika.

Waktu dimulainya Piala Asia dan Piala Afrika 2023 pun tidak jauh berbeda: Piala Asia dimulai pada 12 Januari, sementara Piala Afrika pada 14 Januari dini hari.

Seperti halnya Piala Asia, di Piala Afrika 2023 juga memiliki (bahkan lebih banyak) pemain-pemain yang berkarier di Eropa. Beberapa di antaranya mencapai level bintang, berprofil besar, di Benua Biru.

Baca Juga:

Jadwal Lengkap Babak Penyisihan Piala Asia 2023

Kesiapan Timnas Indonesia Masih 70 Persen saat Hadapi Iran, Shin Tae-yong Patok Target

Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 - GBK Bergemuruh

Berikut lima nama pemain yang aksinya layak dinantikan di Piala Afrika 2023.

1. Victor Osimhen (Nigeria)

Performanya musim ini tak sebaik musim lalu karena cedera serta inkonsistensi pelatih, yang bergantian datang menggantikan Luciano Spalletti mulai dari Rudi Garcia hingga kini dengan Walter Mazzarri.

Kendati demikian, Victor Osimhen mencetak delapan gol dari 18 pertandingan. Pada usia 25 tahun, Osimhen masih jadi komoditas panas di Eropa dan klub-klub Eropa memantaunya.

Pengemas 20 gol dari 27 caps dengan Nigeria akan dinantikan aksinya, terlebih dia adalah pemenang penghargaan Pemain Terbaik Afrika.

2. Mohamed Salah (Mesir)

Mesir sudah tujuh kali memenangi Piala Afrika tetapi terakhir memenanginya 14 tahun lalu (2010). Mohamed Salah tak lagi muda pada usia 31 tahun dan tidak ada yang tahu masa depan.

Sekarang atau tidak sama sekali untuk membawa Mesir berjaya di Piala Afrika. Apalagi, penampilan Mo Salah sedang bagusnya bersama Liverpool dengan catatan 18 gol, sembilan assists, dari 27 laga dengan tim arahan Jurgen Klopp.

3. Sadio Mane (Senegal)

Mantan rekan setim Mo Salah di Liverpool. Sadio Mane sudah tak bermain di Eropa, tetapi kualitas bermain terutamanya pengalaman masih dimilikinya. Jangan lupa juga dengan fakta Senegal juara bertahan Piala Afrika.

Tim masih dilatih Aliou Cisse dan memiliki Mane, Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, serta Ismaila Sarr dalam skuad. Mane, dengan 39 gol dari 98 caps, dapat menjadi pemain kunci bagi Senegal.

4. Mohammed Kudus (Ghana)

Beradaptasi cepat pasca pindah dari Ajax Amsterdam ke West Ham United. Mohammed Kudus sudah mencetak enam gol di Premier League dari 16 laga dengan West Ham, memberikan satu assist.

Kecepatan bermain yang jadi andalannya juga cocok dengan tempo main Premier League. Kudus, 23 tahun, akan jadi pemain andalan Ghana dengan sembilan gol dari 30 caps.

5. Serhou Guirassy (Guinea)

Top skorer kedua Bundesliga dengan 17 gol dari 14 pertandingan bersama Stuttgart. Tak heran apabila pada Januari ini ia dikaitkan dengan klub seperti Manchester United dan Arsenal.

Sehrou Guirassy, 27 tahun, akan jadi ujung tombak andalan Guinea arahan Kaba Diawara. Ia punya tiga gol dari 12 caps bersama Guinea dan menilik performa bagusnya saat ini dengan Stuttgart, aksinya layak dinanti.

Piala Afrika 2023 Victor Osimhen Sadio Mane Mohamed salah Mohammed Kudus Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan