5 Pemain Termahal Sepanjang Masa pada Usia 30 Tahun atau Lebih

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 24 Agustus 2023
5 Pemain Termahal Sepanjang Masa pada Usia 30 Tahun atau Lebih
Harry Maguire (Twitter)

BolaSkor.com - Inflasi harga pemain pada era sepak bola modern bukan rahasia umum lagi, bahkan, sangat sulit memberi valuasi sesuai dengan pemain yang dibeli. Tak ayal transfer pada angka 100 juta, baik itu euro atau poundsterling, bukan hal baru lagi.

Usia pun tak menentukan nilai pemain yang bersangkutan. Selama klub menilai pemain yang diincar dapat memberikan kontribusi besar, menaikkan performa klub. Pun demikian berlaku untuk pemain usia 30 tahun atau lebih.

Baik anggur merah yang semakin enak dinikmati jika usianya semakin tua, banyak pemain di Eropa yang justru semakin baik pada usia senja. Untuk mereka, usia hanya angka di atas kertas.

Itu bisa terlihat dengan transfer-transfer termahal sepanjang masa pada usia 30 tahun atau lebih. Berikut daftar lima pemain tersebut.

1. Harry Kane (120 Juta Euro)

Memecahkan rekor transfer pemain usia 30 tahun termahal dunia. Harry Kane pergi ke Bayern Munchen dari Tottenham Hotspur sebesar 120 juta euro pada musim panas 2023, meninggalkan klub yang sudah dibelanya dari akademi.

Pelatih Bayern, Thomas Tuchel, sangat menginginkannya dan klub butuh penyerang nomor 9 setelah Robert Lewandowski pergi ke Barcelona pada 2022.

Kane berusia 30 tahun kala datang ke Bayern, tetapi tidak ada yang meragukan kualitasnya sebagai salah satu penyerang top di Eropa.

2. Cristiano Ronaldo (112 Juta Euro)

33 tahun. Itulah usia kala Juventus merekrut Cristiano Ronaldo pada 2018 sebesar 112 juta euro. Usia Ronaldo tak lagi muda tetapi pengalaman, kualitas, serta status sebagai salah satu pemain terbaik dunia itu tetap dimilikinya.

Terbukti, Ronaldo mempersembahkan dua titel Serie A untuk Juventus, satu Coppa Italia, dan dua Piala Super Italia. Ronaldo bahkan menjadi top skorer untuk klub di liga. Saat ini masih aktif bermain dengan Al Nassr pada usia 38 tahun.

3. Miralem Pjanic (65 Juta Euro)

Pada 2020 Barcelona mengeluarkan 65 juta euro untuk merekrut Miralem Pjanic dari Juventus. Pjanic direkrut dua bulan setelah ulang tahunnya yang ke-30.

Pindah ke Barcelona bukan keputusan yang jitu, sebab Pjanic kesulitan dan hanya tampil enam kali sebagai starter sebelum dipinjamkan ke Besiktas. Kini ia bermain di Uni Emirat Arab, bersama Sharjah.

4. Robert Lewandowski (50 Juta Euro)

Seperti halnya Bayern yang butuh penyerang dan merekrut Kane, Barcelona pun demikian pada 2022 dan memboyong Robert Lewandowski. Striker asal Polandia dibeli sebesar 50 juta euro pada usia 34 tahun.

Umurnya tak lagi muda, tetapi Lewandowski membuktikan usia hanya angka di atas kertas. Ia membawa Barcelona juara LaLiga dan menjadi top skorer tim.

5. Leonardo Bonucci (42 Juta Euro)

Pada 2018 Juventus membela Leonardo Bonucci sebesar 35 juta euro dari AC Milan, tetapi pada 2017 Milan terlebih dahulu membelinya mahal dari Juventus pada 2017 sebesar 42 juta euro.

Bonucci datang pada usia 30 tahun dan langsung menjadi kapten Milan. Bek asal Italia hanya bertahan semusim dengan Milan dan kemudian kembali membela Juventus.

Bursa transfer Harry Kane Trivia Sepak Bola Robert Lewandowski Cristiano Ronaldo
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan