5 Kandidat Ideal Direktur Olahraga untuk Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Senin, 05 Februari 2024
5 Kandidat Ideal Direktur Olahraga untuk Manchester United
Ricky Massara dan Paolo Maldini (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United perlahan berbenah di bawah kepemilikan INEOS, perusahaan milik Sir Jim Ratcliffe, yang membeli 25 persen saham klub. Ratcliffe diberi kuasa untuk fokus membenahi sisi olahraga Red Devils.

Revolusi dimulai dengan ditunjuknya Omar Berrada sebagai CEO baru Man United. Kini, target dialihkan pada perburuan posisi Direktur Olahraga yang saat ini ditempati oleh John Murtough.

Dilansir dari media di Eropa seperti Independent, 90min, hingga National, Man United masih berburu sosok yang tepat menjadi Direktur Olahraga - sementara posisi Murtough turun meski masih berada di divisi yang sama.

Baca Juga:

5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

10 Pembelian Pemain Terbaik Liverpool Era Jurgen Klopp

Hasil Pertandingan: Manchester United Bekuk West Ham, Chelsea Takluk di Kandang

Pembenahan akan terus berlanjut dari sisi manajemen, terlebih reputasi mereka sejauh ini tidak bagus dengan merekrut pemain mahal, menggajinya tinggi, tapi kontribusi tidak sesuai harapan dalam beberapa musim terakhir

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sederet nama yang menjadi kandidat ideal Direktur Olahraga untuk Manchester United.

1. Paul Mitchell

Nama lama yang pernah dikaitkan dengan Man United kala dilatih Ralf Rangnick. Paul Mitchell pernah bekerja dengan Rangnick di RB Leipzig pada departemen rekrutmen pemain, plus ia juga berpengalaman di Inggris dengan Southampton dan Tottenham Hotspur.

Pada Juni 2020 Mitchell menjadi Direktur Olahraga AS Monaco dan saat ini tengah menganggur. Beberapa pemain yang pernah direkrutnya adalah Sadio Mane, Dejan Lovren, Son Heung-min, Dele Alli, Matheus Cunha.

2. Andrea Berta

Tidak mudah bersaing dengan Real Madrid dan Barcelona di Spanyol, dan Atletico Madrid melakukannya di era Diego Simeone. Peran Andrea Berta juga krusial dalam pembangunan skuad Los Colchoneros selama bertahun-tahun.

Mantan banker tersebut pernah bekerja di Parma dan Genoa sebelum datang ke Atletico pada 2013, lalu jadi Direktur Olahraga pada 2017. Nama-nama yang direkrutnya menjadi tulang punggung Atletico saat ini seperti Jose Maria Gimenez, Jan Oblak, Antoine Griezmann, Marcos Llorente.

Rodri, yang kini sukses dengan Manchester City, juga dijual mahal berkat kontribusi Berta. Bekerja di Man United akan jadi tantangan baru untuknya.

3. Dan Ashworth

Dan Ashworth, 52 tahun, saat ini menjadi Direktur Olahraga Newcastle United. Memboyongnya ke Old Trafford akan sulit, tetapi tidak mustahil apalagi ia pernah dikaitkan dengan pekerjaan di Man united pada 2018.

Ashworth punya reputasi bagus di Inggris dan pernah juga bekerja di timnas Inggris, West Bromwich Albion, Brighton & Hove Albion, sebelum gabung Newcastle.

Nama-nama yang saat ini tenar pernah direkrut olehnya untuk Newcastle, serta klub-klub sebelumnya, seperti Bruno Guimaraes, Alexander Isak, Anthony Gordon, Kaoru Mitoma, Moises Caicedo, Evan Ferguson, Leandro Trossard, Romelu Lukaku.

4. Michael Edwards

Baru ini, Michael Edwards kabarnya digoda kembali untuk bekerja di Liverpool dan menolaknya, di musim terakhir Jurgen Klopp melatih klub. Itu memperlihatkan betapa vitalnya peran Michael Edwards untuk The Reds.

Edwards, 44 tahun, menganggur saat ini setelah lama berada di Liverpool dan merekrut pemain seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Andy Robertson, Georginio Wijnaldum, Fabinho, Alisson, dan Virgil van Dijk.

Man United akan memberi pesan serius kepada tim-tim rival jika sukses meyakinkan Edwards datang. Ia juga berpengalaman sebagai analis untuk Portsmouth dan Tottenham, sebelum jadi Direktur Olahraga pada 2016.

5. Paolo Maldini dan Ricky Massara

AC Milan memenangi satu Scudetto di era Stefano Pioli dan itu tak lepas dari kejelian duo Paolo Maldini dan Ricky Massara, saat keduanya berada di posisi Direktur Teknik Milan. Terlebih, Maldini punya ikatan kuat dengan Milan sebagai legenda klub.

Theo Hernandez, Rafael Leao, Ismael Bennacer, Sandro Tonali, Fikayo Tomori, Mike Maignan, Olivier Giroud, beberapa nama yang direkrut Maldini-Massara dan masih bertahan saat ini, kecuali Tonali yang dijual mahal ke Newcastle United.

Duet keduanya bisa jadi kandidat untuk direkrut Man United.

Manchester United Trivia Sepak Bola Michael Edwards
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.103

Bagikan