5 Hal yang Mungkin Belum Diketahui dari Super Agen Dunia, Jorge Mendes

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 15 Oktober 2021
5 Hal yang Mungkin Belum Diketahui dari Super Agen Dunia, Jorge Mendes
Jorge Mendes (Twitter)

BolaSkor.com - Selain Mino Raiola, Jorge Mendes juga dikenal sebagai satu di antara super agen yang menaungi sejumlah pemain bintang lima. Menariknya, ada sejumlah fakta dari perjalanan karier pria kelahiran Portugal, 55 tahun lalu tersebut.

Jorge Mendes memiliki banyak klien yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Sebagian besar di antaranya berasal dari Portugal.

Ruben Dias, Bernardo Silva, Fabinho, Joao Cancelo, Diogo Jota, Ruben Neves, Andre Silva, Rafael Leao, Renato Sanchez, Angel Di Maria, James Rodriguez, dan Radamel Falcao adalah sebagian dari pemain yang memercayakan Mendes sebagai agennya.

Selain itu, sejumlah pemain yang sudah gantung sepatu seperti Helder Postiga, Petit, Ezequiel Garay, dan Ricardo Silva juga pernah memakai jasa Mendes.

Baca juga:

Akuisisi Newcastle, Bukti kehebatan Amanda Staveley sebagai Juru Lobi

4 Hal Menarik dari Aurelien Tchouameni, Pemain dengan Kualitas Gabungan Pogba-Kante

6 Pemain yang Berpotensi Direkrut Newcastle pada Januari 2022

Sinar Mendes sebagai super agen juga terasa hingga dunia kepelatihan. Nuno Espirito Santo, Gennaro Gattuso, Jose Mourinho, dan Sergio Conceicao adalah sebagian dari juru taktik yang menjadi koleganya.

Satu nama yang paling spesial tentu saja Cristiano Ronaldo. Mendes sudah menjadi agen CR7 sejak masih remaja.

Dengan apa yang dibangun saat ini, tentunya ada sejumlah hal menarik dari kisah sang super agen. Berikut ini adalah lima hal yang mungkin belum Anda ketahui dari Jorge Mendes.

1. Lahir dari Keluarga Sederhana

Jorge Mendes tidak dilahirkan dari keluarga kaya raya. Itu artinya, ada proses penuh peluh keringat untuk apa yang dicapainya saat ini.

Ayah Mendes bekerja sebagai karyawan perusahaan yang bergerak di bidang energi, Petrogal. Sementara itu, ibunya sibuk menenun topi jerami dan keranjang. Kemudian, Mendes akan menjual hasil karya sang ibu di pantai Fonte da Telha pada akhir pekan.

2. Bekerja di Pabrik Es Krim

Jorge Mendes sudah menjadi pengusaha pada usia muda. Meskipun, ruang lingkupnya masih sangat kecil. Sang super agen menjual pakaian lama di pasar loak.

Selain itu, Mendes juga pernah bekerja di pabrik Cornetto. Tugasnya adalah memegang kerucut dan memastikan es krim tidak jatuh ke lantai.

Pekerjaan itu menjadi metafora untuk kariernya saat ini yang harus melakukan terbaik untuk memastikan para pemain muda yang berada di bawah naungannya tidak terlebih dulu jatuh ke tanah.

3. Sempat Jadi Pemain Sepak Bola

Mendes meninggalkan Lisbon ketika berusia 20 tahun untuk pindah ke Viana do Castelo dengan mimpi bermain untuk klub Vianense dan menjadikannya pesepak bola semi-profesional. Ketika itu, Cabanas-panggilan Mendes-berposisi sebagai sayap kiri.

Namun, Mendes melihat peluang lain untuk membuka toko video di pusat perbelanjaan yang sepi. Keputusan bisnis tersebut memang jadi pertanyaan, tetapi itu adalah fondasi dari apa yang diraih saat ini.

4. Berawal dari Klub Malam

Jorge Mendes juga dekat dengan kehidupan malam. Ia sempat menjadi disc jockey pada sebuah klub malam. Di sana, ia kenal dengan pemain profesional Braga, Porto, dan Victoria Guimaraes.

Setelah itu, Mendes melebarkan sayapnya dengan mengelola sebuah klub malam di distrik Caminha, dekat perbatasan dengan Spanyol, yang bernama Luz do Mar.

Pada 1995, ia bertemu Nuno Espirito Santo yang masih menjadi penjaga gawang di Vitoria. Karena kedekatan yang terjalin dengan sang kiper, Mendes mendapatkan permintaan untuk menjadi agennya. Ketika itu, Nuno Espirito Santo dalam proses perpindahan ke Deportivo.

Mendes tidak membuang peluang. Ia menyetir hingga 300 mil untuk berbicara dengan presiden klub, Augusto Lendoiro. Meskipun tidak tahu bagaimana cara menjadi seorang agen, Mendes melakukannya cengan ciamik. Walhasil, kesepakatan tercapai dan Nuno Espirito Santo adalah klien pertamanya.

5. Terlibat Sejumlah Kontroversi

Perusahaan Mendes, Gestofute, terlibat dalam sejumlah kontroversi. Hal itu terjadi terutama karena tindakan FIFA terhadap pihak ketiga. Apalagi, beredar isu Mendes meminta kompensasi yang tinggi dari setiap kesepakatan.

Ketika menjual Ronaldo ke Man United dari Sporting CP, Mendes dikabarkan mendapatkan upah 1,2 juta pounds. Nilai bertambah menjadi 8 juta pounds ketika Mendes melego Ronaldo ke Real Madrid.

Mendes juga dituding merampok pemain dari agen lain. Nani dari Ana Almeida dan Bebe dari Goncalo Reis adalah dua di antaranya.

Breaking News Jorge Mendes Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.546

Bagikan