5 Hal yang Belum Banyak Diketahui Mengenai Derby Madrid

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 30 Januari 2024
5 Hal yang Belum Banyak Diketahui Mengenai Derby Madrid
Derby Madrid (LaLiga)

BolaSkor.com - Pertemuan apapun mengenai Derby Madrid selalu seru untuk dinanti. Setiap derby memiliki cerita menarik seperti musim ini. Sudah dua kali Real Madrid dan Atletico Madrid bertemu, keduanya sama-sama menang sekali.

Dalam waktu dekat Derby Madrid akan kembali berlangsung pada lanjutan laga LaLiga di Santiago Bernabeu, Senin (05/02) pukul 03.00 dini hari WIB.

Jarak di antara kedua tim saat ini di LaLiga terpaut 10 poin. Madrid di peringkat dua dengan 54 poin, serta Atletico di urutan tiga dengan 44 poin dari 21 pertandingan. Madrid dalam perburuan titel LaLiga dan Atletico berusaha mengamankan empat besar.

Baca Juga:

Tidak ke Premier League, Victor Osimhen Bertahan di Napoli Musim Ini

Cuci Gudang, Seluruh Pemain Barcelona Masuk Daftar Jual

7 Pemain Termahal Serie A pada 2024

Begitu banyak sejarah dan cerita dari kedua klub. Menilik dari rilis yang diterima BolaSkor dari LaLiga, berikut lima hal menarik yang belum banyak diketahui mengenai Derby Madrid.

1. Dibentuk untuk Melawan Real Madrid

Semua berawal pada 1903. Sekelompok pelajar Basque yang tinggal di Madrid menonton langsung final Copa del Rey, pertandingan berlangsung antara Athletic Bilbao kontra Madrid FC (nama sebelum jadi Real Madrid).

Pelajar Basque itu tidak menyukai cara bermain Madrid FC. 18 hari setelahnya, mereka membuat anak perusahaan Athletic yang berbasis di Madrid, yang kemudian berganti nama menjadi Atletico Madrid, tim yang dibentuk untuk melawan Madrid.

2. 14 Tahun Tanpa Kemenangan

Meski dibentuk untuk menyaingi Madrid, tak mudah bagi Atletico menganggu supremasi rival sekota. Butuh waktu 14 tahun bagi mereka untuk memenangi derby pertama.

Itu tercatat pada 1999 dan 2013 yang dihitung selama 25 pertemuan. Diego Simeone pun datang dan mengubah nasib Atletico.

Kemenangan di laga derby tak mustahil terjadi dan mereka mencatatkan 12 kemenangan dari 39 laga derby, seri 12 kali, dan kalah 15 kali di seluruh kompetisi. Catatan di LaLiga adalah enam kemenangan, enam kekalahan dari 21 laga derby.

3. Tradisi Air Mancur Cibeles

Publik lebih banyak tahu apabila selebrasi di air mancur Cibeles dilakukan oleh Real Madrid, namun faktanya pada 1977 justru fans Atleti yang merayakan di Cibeles setelah memenangi titel LaLiga.

Semenjak saat itu, selebrasi dilakukan oleh fans lainnya di Cibeles sekaligus jadi titik temu fans di kota. Pada 1980-an fans Madrid merayakan kemenangan di Quinta del Buitre.

Lalu, pada 1991 ketika Atletico memenangi Copa del Rey, penggemar merayakannya di tempat berbeda di jalan Paseo de la Castellana, tempat air mancur Neptune berada, karena Cibeles sudah identik dengan Madrid.

4. Lebih Besar dari El Clasico

Pertandingan Madrid melawan Barcelona di El Clasico kerap jadi laga besar yang menyita perhatian, khususnya di dunia. Akan tapi sebelum ada El Clasico, Derby Madrid menjadi hal yang lebih besar pasca berakhirnya perang saudara Spanyol pada 1939.

"Lupakan FC Barcelona. Tim yang bisa membuat kami frustrasi adalah Atletico," ujar legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano.

5. Kemenangan Atletico di Santiago Bernabeu

Santiago Bernabeu adalah markas dari Real Madrid, namun uniknya, itu juga tempat yang spesial untuk fans Atletico Madrid. Los Colchoneros sudah memenangi Copa del Rey 10 kali, sembilan kemenangan terjadi di Santiago Bernabeu.

Dari 10 raihan sukses tersebut, pada 1996 Atletico melawan Barcelona di stadion berbeda yakni di La Romareda, markas Real Zaragoza.

Real Madrid Atletico Madrid Derby madrid Trivia Sepak Bola LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan