5 Fakta Menarik Markis Kido: Piawai Bermain Musik

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 15 Juni 2021
5 Fakta Menarik Markis Kido: Piawai Bermain Musik
Markis Kido (Zimbio)

BolaSkor.com - Indonesia tengah berduka. Salah satu pebulu tangkis Indonesia, Markis Kido meninggal dunia, Senin (14/6). Tentunya ini menjadi momen yang sangat kelam mengingat Markis merupakan atlet kebanggaan Tanah Air.

Banyak torehan-torehan kemenangan yang didapat sepanjang kariernya. Tidak hanya prestasi di ajang nasional saja, beberapa kali Markis mampu membuat Indonesia Raya dikumandangkan di ajang dunia.

Di antaranya adalah kejuaraan Perancis Terbuka pada 2013, SEA Games pada 2003, 2005, 2007, 2009, dan 2011, lalu kejuaraan Dunia 2006, BWF World Championship 2007, dan juga Olimpiade 2008.

Baca Juga:

Tak Ada Multievent yang Tidak Bisa Ditaklukkan Markis Kido

Legasi Markis Kido Tak Ternilai untuk Bulu Tangkis Indonesia

Dengan prestasi-prestasi ini tentunya dapat dikatakan Markis Kido bukanlah pebulu tangkis sembarangan. Altet gempal itu telah menjadi salah satu ikon besar dalam olahraga tepok bulu.

Berdasarkan hal tersebut, Bolaskor.com merangkum kenangan menarik Markis Kido selama hidupnya. Berikut penjabaran lengkapnya.

1. Pernah menyabet Medali Emas Berturut-turut.

Meraih medali emas bagi pebulu tangkis mungkin terlihat wajar. Namun, bagaimana jika prestasi ini ditoreh secara berulang kali? Hal ini lah yang berhasil dilakukan Markis Kido di SEA Games. Pada ajang dua tahunan itu, Markis Kido mengoleksi tujuh medali emas secara beruntun.

Medali emas pertama di dapat ketika Markis masuk tim beregu putra di SEA Games 2003, Vietnam. Kemudian medali emas keduanya didapat lewat sektor ganda putra bersama Hendra Setiawan di SEA Games 2005, Manila.

Tidak berhenti di situ saja, pada SEA Games 2007 di Thailand, secara beringas dia mampu menyabet dua medali emas, yakni di sektor tim putra beregu dan ganda putra. Hal sama kembali terulang pada SEA Games 2009 Laos.

Kemudian pada SEA Games 2011 yang bertempat di Indonesia, Kido berhasil menyabet satu medali emas lewat tim beregu putra.

2. Meraih Medali Emas di Ajang Tertinggi Kompetisi Olahraga.

Meraih medali emas di event Olimpiade tentunya menjadi cita-cita semua olahragawan. Hal ini berhasil direalisasikan Markis Kido lewat sektor ganda putra bersama Hendra Setiawan di Olimpiade Beijing 2008.

Kido/Hendra berhasil menang setelah melewati pertarungan sengit melawan wakil tuan rumah, Cai Yun/Fu Haifeng. Lewat rubber game, Kido/Hendra berhasil menaklukan tim tuan rumah dengan skor 12-21, 21-11, 21-16.

Hal ini sekaligus ketiga kalinya sektor ganda putra Indonesia berhasil meraih emas di Olimpiade. Keberhasilan pertama di dapat lewat Ricky Subagja/Rexy Mainaky di Olimpiade Atlanta 1996. Kemudian keberhasilan kedua didapat pada Olimpiade Sydney 2000.

3. Berteman akrab dengan Fu Haifeng

Menjadi rival abadi dalam pertandingan bulu tangkis tidak membuat Fu Haifeng membenci Markis Kido. Sebaliknya pebulu tangkis ganda putra itu justru memiliki kedekatan khusus dengan Markis. Hal tersebut terbukti saat konferensi pers selepas final ganda putra di Olimpiade 2008.

Lewat akun instagramnya, Markis sempat memposting momen lucu saat dirinya bercanda dengan Fu Haifeng. Bahkan dengan tingkah kocak Fu Haifeng mencekik gemas leher Markis.

“Ini orang kalau dilapangan serem abis. Tapi kalau di luar lapangan gokil,” tulis Kido.

4. Hobi bersepeda

Siapa sangka pebulu tangkis kelahiran Jakarta ini memiliki hobi olahraga lain, yakni bersepeda. Beberapa kali Markis Kido terlihat memposting kegiatan bersepeda bersama rekan-rekan terdekatnya.

5. Ahli dalam bermusik

Menjadi olahragawan tampaknya tidak membuat Markis Kido kehilangan sisi artistiknya. Ternyata pebulu tangkis ini juga ahli dalam bermusik. Terlihat melalui postingan instagramnya, Markis kerap kali dengan lihai memainkan alat musik organ.

Bahkan pada 25 Juli 2019, Markis Kido juga sempat memposting dirinya yang sedang bernyanyi ketika berada di GOR PB Jaya Raya Bintaro.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Bulu Tangkis Markis Kido Pbsi
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan